Cara mengatasi “The following plug-in has crashed: Shockwave Flash”

Bagikan:

Kalau anda sedang membuka halaman yang berisikan elemen media interaktif kadang bisa mengalami masalah loading yang berat atau malah nge-hang (berhenti) dan tidak lama kemudian muncul pesan “The following plug in has crashed: Shockwave Flash” dan disusul pertanyaan dari Google Chrome untuk mematikan tab yang tidak responsif tersebut.Penyebab dari error ini biasanya adalah konflik antara plugin Flash Player milik Google dengan Adobe, dan solusinya adalah menggunakan salah satu saja.

Jika anda sering mengalami masalah ini, anda bisa mencoba cara berikut untuk memperbaikinya. Pertama ketikkan alamat chrome://plugins dan tekan ENTER untuk melihat daftar plugin yang terinstall di Google Chrome.

google-chrome-plugins-shockwave-flash

Sebelumnya perhatikan di kanan atas ada tombol “+” dengan nama Details, klik terlebih dahulu. Setelah itu cari plugin bernama Adobe Flash Player (atau Shockwave Flash).

Nah… disini anda bisa mematikan plugin Flash internal Google (contoh lokasi: C:\Users\nama_user\AppData\Local\Google\Chrome\Application\36.0.1985.125\PepperFlash\pepflashplayer.dll) atau plugin eksternal dari Flash (contoh lokasi: C:\Windows\system32\Macromed\Flash\NPSWF32_14_0_0_125.dll). Klik Disable untuk menonaktifkannya.

Silahkan coba matikan salah satu, saya sarankan dari AppData dahulu dan bergantian dengan yang di Windows. Alternatifnya sekalian saja anda mengupdate ke Adobe Flash Player terbaru, mungkin bisa menjadi solusi.

 

Tulis komentar...

Read more:
revo-uninstaller
Menghapus instalasi program dengan Revo Uninstaller

cacert-ssl-error
Cara membuat sertifikat SSL gratis di CAcert

Close