Memperkecil ukuran file gambar GIF

Bagikan:

Gambar dengan format GIF tentu sudah tidak asing bagi anda, tipe gambar seperti ini sering digunakan sebagai media gambar dengan animasi. Kadang gambar animasi GIF ukurannya menjadi sangat besar dan memakan waktu lama saat menguploadnya. Anda tentu ingin mengetahui cara mengecilkan ukuran gambar GIF bukan?

Kali ini akan saya perkenalkan dua software gratis yang fungsinya khusus untuk optimasi dan mengecilkan GIF.

Trout’s GIF Optimizer

Trout’s GIF Optimizer adalah aplikasi portable berukuran kecil yang mampu melakukan kompresi gambar GIF sampai 90% dari ukuran aslinya dengan kualitas yang sama.
Trout's GIF Optimizer

Buka file GIF dan pilih kriteria yang anda inginkan dan warna, klik Optimize kalau anda sudah yakin dengan pilihan anda. Terdapat layar Preview untuk membantu pengguna melihat perbedaan sebelum dan sesudah kompresi, kalau tidak ada perbedaan berarti atau pengguna sudah puas dengan hasil yang dioptimasi dan dikompres maka bisa langsung disimpan.

Proses optimasi atau kompresi sendiri cukuplah cepat, waktu yang dibutuhkan relatif dengan pilihan dan warna yang ada inginkan. Tapi tidak semua file GIF bisa dikompresi apalagi yang telah terkena proses kompresi.

SuperGIF

SuperGIF adalah aplikasi gratis untuk mengoptimalkan gambar GIF. Kelebihannya dibanding Trout GIF Optimizer ialah aplikasi ini mampu dijalankan di Windows dan Mac. Tampilannya sendiri cukup sederhana dan langsung pada tujuannya, tapi hasilnya tidaklah mengecewakan.

SuperGIF Mac Windows

Anda bisa melakukan drag and drop file gambar GIF ke program ini untuk memulai proses kompresi. Tingkat kompresi yang bisa dicapai hingga 80% dari ukuran gambar GIF aslinya dengan kualitas gambar setara.

Comments (2)
  1. Lionel Yayan April 1, 2014
  2. Jules Oxana April 6, 2014

Tulis komentar...

Read more:
java-this-software-has-already-been-installed
Cara mengatasi gagalnya install Java di Windows

winrar-repair-rar-archive
Cara memperbaiki file RAR dan ZIP yang rusak di WinRAR

Close