Mengaktifkan game dengan Steam key di Steam

Bagikan:

Penggunaan Steam sekarang menyebar secara perlahan di Indonesia sebagai platform untuk bermain game pilihan. Kemudahan yang ditawarkan untuk manajemen game yang dimiliki sekaligus pasar game dengan diskon dan obral rutinnya dari waktu ke waktu menjadi kelebihan. Fasilitas Steam key diberikan sebagai layanan bila anda membeli game di tempat lain dan ingin mengaktifkan game tersebut dalam Steam.

Sebagai catatan pastikan dulu game yang anda beli memang mendukung Steam sebagai platform distribusi game tersebut, rugi bila anda membeli game dengan maksud menambahkan ke library game steam anda tapi tidak bisa dilakukan. Mendapatkan Steam key sendiri tidaklah harus dengan membeli sendiri, kadang ada pembuat game yang akan memberikannya dengan gratis – DOTA2 termasuk dalam kategori ini sebelumnya, dengan masa Beta banyak Steam key yang dibagikan. Beberapa game online juga menggunakan Steam sebagai distributor gamenya dan biasanya tersedia tanpa biaya juga. Harapannya anda akan memberikan saran dan kritik terhadap game tersebut juga menguji kemampuan infrastruktur game tersebut bila dimainkan secara massal.

Sekarang anda telah mendapatkan kode aktivasi Steam key, apa yang dilakukan selanjutnya? Bila anda belum memiliki program klien Steam silahkan download terlebih dahulu. Anda bisa mengikuti langkah – langkah berikut untuk cara mengaktifkan steam key.

Kemudian silahkan login ke akun Steam anda, buatlah bila belum memilikinya. Tampilan program klien Steam akan mirip gambar dibawah.
steam-interface-july-2013

Buka menu Game dan pilih “Activate a Product key on Steam…”.
steam-activate-a-product-on-steam

Anda akan dialihkan ke halaman awal aktivasi produk dengan kode. Klik Next untuk melanjutkan.
steam-product-activation

Halaman persetujuan pelanggan akan muncul, klik I Agree untuk maju ke tahap berikutnya.
steam-subscriber-agreement

Isikan kode aktivasi Steam key dari game anda disini, biasanya memiliki format 1AB2C-D3FGH-456I7-JK8LM-NOP9Q atau 1AB2C-D3FGH-456I7.
steam-enter-product-key

Proses aktivasi akan dimulai, tunggu sesaat.
steam-activating-key-with-steam

Ada 3 jenis pesan kesalahan yang bisa terjadi pada saat mengaktifkan steam key, yaitu:

  • Bila kode aktivasi Steam anda salah maka akan muncul pesan “Invalid Product Code”, pastikan kode yang anda masukkan sudah benar.steam-invalid-product-code
  • Sedangkan bila ternyata steam key yang anda miliki sudah diaktifkan oleh orang lain akan muncul pesan “Duplicate Product Code”.steam-duplicate-product-code
  • Terakhir, ternyata kode aktivasi game tersebut sudah anda aktifkan sendiri di akun Steam milik anda sendiri yang ditandai dengan pesan “Product Already Owned”.steam-product-already-owned

Bila proses aktivasi kode berhasil anda akan dialihkan ke halaman dengan pesan “Activation Successful”
steam-activation-successful

Disini anda bisa mencetak kwitansi bila anda menginginkan atau membutuhkannya, klik pada “Print Receipt”.
steam-receipt-for-your-key-subscription
Proses instalasi game Steam yang telah anda aktifkan akan dimulai dari sini.Klik Next untuk memulai proses install game.
steam-install-game

Pilih shortcut game akan dimunculkan dimana saja.
steam-create-shortcut

Selanjutnya anda tinggal menunggu proses instalasi game selesai, entry dari game ini akan muncul di library steam dan anda akan dapat memainkan game tersebut.
steam-installing-game

Sebenarnya tidak hanya game saja yang tersedia dalam Steam, anda dapat membeli software juga disini. Jadi mungkin saja anda memiliki kode aktivasi software yang menggunakan Steam sebagai platform distribusinya, cara mengaktifkannya akan sama. Beberapa software populer seperti ACDSee, GameMaker, RPG Maker VX Ace, Magix Movie Edit Pro dan sebagainya telah tersedia di Steam.

Bila anda ingin mendapat key untuk game Steam dengan murah, silahkan anda baca artikel berikut:

Tulis komentar...

Read more:
jne-tracking
Cara cek resi pengiriman paket JNE

usb-flash-speed-benchmarking
Mengukur kecepatan baca dan tulis USB Flashdisk dengan USB Flash Speed

Close