Mengatasi verifikasi usia di YouTube

Bagikan:

YouTube sebagai situs platform video terbesar di dunia memiliki katalog video berjumlah jutaan dan terus meningkat setiap harinya. Wajar bila ada beberapa video tidak sesuai tersedia, entah legal maupun ilegal. Untuk menonton video ini anda harus mengkonfirmasi usia anda apakah sudah cukup dewasa. Cara berikut adalah cara bypass prosedur sign in ke akun YouTube untuk melihat video tersebut, jadi walaupun anda sudah cukup usia tapi malah melakukan sign in cara ini sesuai untuk anda.

Contoh video yang akan dijadikan percobaan adalah trailer dari game Watch Dogs Open World Gameplay Premiere : http://www.youtube.com/watch?v=6LZM3_wp2ps .
youtube-video-content-warning

Bila anda kunjungi link video contoh diatas, anda akan mendapati peringatan :

Content Warning

This video may be inappropriate for some users.

Sign in to confirm your age

youtube-content-warning
Pesan peringatan ini memiliki arti :

Peringatan konten

Video ini mungkin tidak sesuai untuk beberapa pengguna.

Sign in untuk mengkonfirmasi usia anda.

Ada jenis kedua dari peringatan semacam ini :

Sign in to view this video

This content may contain material flagged by YouTube’s user community that may be inappropriate for some users.

To view this video, please confirm you are old enough by signing in.

If you would instead prefer to avoid potentially inappropriate content, consider activating YouTube’s Safety Mode.

youtube-sign-in-to-view-this-video

Pesan peringatan ini memiliki arti :

Sign in untuk melihat video ini

Konten ini berisi material yang tidak sesuai untuk beberapa pengguna yang ditandai oleh pengguna komunitas YouTube.

Untuk melihat video ini, harap mengkonfirmasi anda sudah cukup dewasa dengan sign in.

Jika anda ingin menghindari video berisi konten yang tidak sesuai, pertimbangkan mengaktifkan YouTube’s Safety Mode.

Tidak sesuai disini maksudnya adalah terdapat adegan kekerasan, seksualitas atau bahasa kotor yang digunakan dalam video YouTube. Karena itu YouTube mengharuskan anda sign in untuk memastikan anda sudah cukup umur untuk melihatnya. Untuk mengatasi masalah ini anda dapat mencoba beberapa metode berikut.

Metode 1 : Sign in atau mendaftar akun YouTube

Cara paling jelas adalah menuruti apa yang diminta oleh YouTube, yaitu sign in ke akun YouTube anda atau mendaftar akun baru bila anda belum mempunyainya. Anda juga harus cukup umur untuk melihat video yang restricted ini, minimal 18 tahun. Tapi anda tidak akan membaca artikel ini kalau anda mau dan bisa menggunakan metode pertama bukan? Haha… jangan khawatir kita bisa langsung loncat ke cara berikutnya.

Metode 2 : Menggunakan YouTube API

Cara ini dimulai dengan menghapus kata “watch?” dan menggantikan “=” dengan “/” di alamat video YouTube, anda bisa melihat gambar dibawah untuk demonstrasinya.
youtube-url-remove-watch

Jadi dari alamat video awal http://www.youtube.com/watch?v=6LZM3_wp2ps akan menjadi http://www.youtube.com/v/6LZM3_wp2ps .

Setelah anda menekan enter sesudah mengubah alamat video YouTube anda akan dibawa ke alamat baru : http://youtube.googleapis.com/v/6LZM3_wp2ps . Ini adalah link YouTube API tanpa batasan usia. Kekurangan menggunakan metode ini adalah tampilan video akan langsung penuh atau full screen, jadi anda tidak bisa mengubah ukuran video yang ditampilkan.
youtube-api-non-age-restricted

Metode 3 : Menggunakan layanan NSFWYouTube

Sekarang kita akan melihat layanan dari pihak ketiga, sebelumnya sedikit informasi bila alamat video YouTube yang ingin anda tonton menggunakan https harap diubah menjadi http karena cara – cara berikut tidak mendukung koneksi http yang diamankan. Secara default Mozilla Firefox tidak memuncul protokol yang digunakan dalam koneksi internet, anda bisa secara manual mengetikkan “http://” di depan alamat video atau copy paste url video tersebut dan ubah hasilnya.
Demonstrasi untuk Mozilla Firefox :
youtube-url-remove-https-firefox

Demonstrasi untuk Google Chrome :
youtube-url-remove-https-chrome

NSFWYouTube

Layanan pertama adalah NSFWYouTube. NSFW disini berarti Not Suitable For Work atau tidak sesuai untuk dilihat saat kerja, dari namanya sudah jelas bahwa situs ini khusus membantu anda untuk melihat video YouTube yang dibatasi.

Untuk menggunakannya anda tinggal menambahkan kata “nsfw” di depan kata youtube, silahkan anda lihat gambar dibawah untuk demonstrasinya.
youtube-url-add-nsfw
Jadi dari alamat video YouTube http://www.youtube.com/watch?v=6LZM3_wp2ps diubah menjadi http://www.nsfwyoutube.com/watch?v=6LZM3_wp2ps .

Anda akan melihat video yang dibatasi sebelumnya disitus ini, kontrol video seperti biasanya juga tersedia seperti mengganti resolusi dan ukuran layar video. Layaknya anda menonton video langsung dari YouTube.
nsfwyoutube

 

Kesimpulannya ketiga metode diatas saya rasa sudah cukup ampuh untuk menonton video yang direstricted oleh YouTube, bahkan anda bisa mendownloadnya untuk disimpan di komputer.

Comments (2)
  1. Crx Juan Crenz July 6, 2014
  2. caztol July 7, 2014

Tulis komentar...

Read more:
windows-7-open-with
Cara mengubah asosiasi file di Windows 7

attracta-create-and-submit-sitemap-done
Cara membuat sitemap website di cPanel

Close