Mengenal jenis komputer jinjing

Advertisements

Tidak terasa dahulu komputer jenisnya hanya ada antara desktop yang ukurannya cukup besar atau laptop yang berukuran lebih bersahabat sehingga mudah dibawa kemana – mana. Kemajuan dalam teknologi membantu produsen perangkat keras memperkecil komponen – komponen yang digunakan. Sekarang terdapat bermacam – macam jenis komputer jinjing (portable) yang memiliki nama yang berbeda, mari kita lihat satu persatu.

Palmtop

Perangkat paling kecil yang memberikan anda kemampuan penuh komputer, kebanyakan palmtop menjalankan versi khusus dari Windows yang biasa disebut Windows CE, tapi model – model terbaru bisa menjalankan Windows XP. Dengan munculnya smartphone, palmtop menjadi kadaluarsa bahkan anda tidak bisa membelinya sekarang. Palmtop memiliki ukuran layar sekitar 6-7 inci.

Netbook

Dengan besar layar sekitar 9 – 10 inci, netbook cukup populer bagi yang tidak ingin membawa laptop yang berat tapi masih membutuhkan solusi komputer lengkap.

lenovo-ideapad-s215-tampak-dalam

Advertisements

Cocok untuk penggunaan sehari – hari seperti media sosial, menggunakan Word untuk menyelesaikan tugas, menonton film dan bermain game – game kecil. Mereka bisa menjalankan sistem operasi Windows atau Linux sehingga anda bisa menggunakan seluruh aplikasi yang biasa digunakan. Hal ini bertolak belakang dengan tablet atau smartphone yang belum tentu ada aplikasi favorit anda, kalau tidak ada maka anda akan mencari aplikasi alternatif yang mungkin ada atau tidak.

Saya sendiri sering menggunakan Netbook ACER Aspire One D270 karena baterainya lebih tahan lama, hingga 5 jam malah kalau cuma dibuat browsing – jadi kalau mati lampu bukanlah masalah. Harganya sendiri juga lebih murah.

Ultrabook

Merupakan nama untuk jenis terbaru komputer dengan tipe “ultra portable notebook”, biasanya dengan berat kurang dari 1.5kg dan sangatlah tipis. Kategori diciptakan oleh produsen komputer sebagai respon terhadap Apple Macbook Air.

Walau ultrabook sangatlah tipis (kurang dari 2cm), ukuran layar tidaklah kalah dengan notebook pada umumnya – diantara 11 sampai 15 inci. Hampir seluruhnya dilengkapi dengan SSD (Solid State Disk) yang selain ukurannya sangat kecil juga tidak ada suara seperti harddisk biasanya, lebih ringan dan jauh lebih cepat dibanding HDD biasa, yang akan memberi kesan instan pada penggunaannya. Cuma harganya juga jauh lebih mahal dan kapasitasnya lebih kecil dibanding harddisk biasa. Ultrabook juga tidak dilengkapi DVD drive, jadi anda tidak bisa menggunakan DVD kecuali menggunakan DVD drive eksternal.

Advertisements

Perangkat ini cocok untuk hampir semua penggunaan komputer dan bermain game, tapi terbatas bila game ini merupakan game 3D yang high end. Yang pasti kalau anda menggunakan ini akan terasa uniknya.

Notebook and Laptop

Notebook dan Laptop sekarang adalah istilah yang mengacu pada jenis komputer portable yang sama. Kategorinya bisa dikatakan pada jenis yang standar dengan berbagai macam ukuran. Harganya lebih murah dibandingkan beberapa jenis komputer jinjing lainnya yang spesifik dalam hal pembedanya seperti bentuk atau hardware yang tertanam.

asus-X452Cp-tampak-dalam

Notebook biasanya memiliki ukuran layar diantara 12 – 18 inci, tapi 14 inci merupakan normalnya. Anda bisa mendapatkan notebook yang memiliki graphic card bagus sehingga mampu bermain game 3D high end, walau ini bukan standarnya. Notebook juga biasa memiliki DVD drive dan hard disk berkapasitas besar.

Advertisements

Tinggalkan komentar