Menguji kecepatan koneksi internet dengan Speedtest.net

Bagikan:

Jika merasa kecepatan internet anda lambat, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengujinya dengan menggunakan layanan tes kecepatan internet. Sebuah pengujian kecepatan internet akan memberikan anda informasi yang lebih akurat mengenai seberapa besar bandwidth yang disediakan untuk anda.

Kalau dibandingkan dengan layanan lain yang sejenis, Speedtest.net adalah yang paling populer dalam kategori website tes kecepatan koneksi internet.

Cara penggunaannya sangatlah mudah, anda cukup menunggu sesaat sampai proses memuat tampilannya selesai. SpeedTest.net menggunakan plugin Shockwave Flash dalam melakukan proses pengujian, jadi usahakan anda menggunakan versi terbaru dari plugin tersebut. Untuk memulai pengujian kecepatan koneksi internet, langsung saja klik “BEGIN TEST”. Speedtest.net akan menggunakan server dengan nilai ping terendah dari komputer anda, dan nilai ping ini bisa dilihat pada tampilan test bandwidth internet.

speedtestnet

Yang pertama dites adalah kecepatan download atau unduh dari server ke komputer anda. Kecepatan download saat ini ditampilkan dalam bentuk speedometer. Anda bisa melihat progress pengujian kecepatan download dengan melihat grafik yang ditampilkan. Nama penyedia layanan koneksi internet (ISP) anda akan muncul dan lsokasi fisik dari alamat IP publik anda juga akan ditampilkan, tapi harap diingat keakuratannya tidak dijamin. Tunggu sesaat maka akan muncul berapa besar bandwidth untuk download dari koneksi internet anda setelah diuji.

speedtestnet -download-speed

Selanjutnya adalah tes kecepatan upload atau unggah dari komputer anda ke server. Kecepatan upload saat ini bisa dilihat pada speedometer yang muncul. Tampilan dan informasi yang digunakan sama dengan tes kecepatan download sebelumnya. Setelah beberapa waktu anda bisa melihat berapa kecepatan upload internet anda.

speedtestnet -upload-speed

Setelah tes kecepatan koneksi internet selesai akan muncul kesimpulannya dan beberapa opsi tambahan.

speedtestnet -result

Bila anda memilih “Share This Result”, hasil pengujian kecepatan internet anda bisa dipamerkan melalui Facebook, Twitter, Website, Forum dan sebagainya.

speedtestnet -share-this-result

Berikut adalah hasil pengujian koneksi internet saya dan saya bagikan dengan menggunakan pilihan “Embed”. Ada informasi tambahan berupa skor nilai terhadap koneksi internet yang digunakan, dan statistik kecepatan internet anda dibanding yang lain.

Anda bisa mengikuti survei bandwidth internet untuk koneksi internet yang dipakai untuk meningkatkan akurasi tes anda dan pengguna lainnya, ini tidaklah wajib anda isi. Klik “Contribute to Net Index” untuk terlibat dalam survei.

speedtestnet -contribute-to-net-index

Pilihan terakhir yang tersedia adalah “Compare Your Result” yang digunakan untuk membandingkan koneksi internet anda dengan kecepatan koneksi rata – rata sedunia, dari satu daerah dengan anda, atau bahkan dengan anda sendiri.

speedtestnet -compare-results-chart

Anda bisa menggunakan fitur ini untuk melihat sejarah koneksi internet anda sebelumnya dibandng sekarang, tapi anda harus mendaftarkan akun Speedtest.net terlebih dahulu.

speedtestnet -recent-results

Kepopuleran Speedtest.net bukan tanpa alasan, dengan tampilannya yang tidak hanya indah tapi juga informatif  anda bisa mengetahui:  nilai ping dari komputer anda ke server, berapa besar bandwidth upload dan download koneksi internet anda, terdapat grafik yang memperlihatkan arus koneksi internet dari waktu ke waktu sehingga anda bisa melihat stabil atau tidaknya koneksi internet anda, membandingkan bandwidth untuk download juga upload, dan masih banyak lagi.

Tulis komentar...

Read more:
windows-7-desktop-selected-icon
Cara mengubah ukuran icon desktop Windows 7

cpanel-create-a-subdomain
Cara membuat subdomain di cPanel

Close