Panduan menghapus virus dan malware di Windows

Bagikan:

Windows virus alert

Panduan ini diarahkan kepada pengguna komputer umum yang tertarik untuk belajar bagaimana untuk menghilangkan virus, trojan dan bentuk lain dari malware. Ditulis dalam langkah demi langkah(yang saya harapkan) dengan bahasa yang mudah dimengerti dan mudah diikuti .

Berikut ini adalah metode menghapus malware yang saya gunakan dan merekomendasikan untuk siapa saja yang terinfeksi atau tertarik untuk belajar bagaimana untuk menghapus virus.

Jangan ragu untuk berbagi posting ini dengan keluarga dan teman-teman anda.

Sebelum memulai, jika data anda yang berharga, backup terlebih dahulu. Tidak apa-apa jika anda membackup malware, hal paling buruk yang dapat terjadi sistem operasi anda akan rusak dan komputer harus diformat ulang. Anda hanya perlu menginstal Microsoft Security Essentials atau antivirus lain yang bagus SEBELUM memasukkan media backup anda kembali ke komputer dan AntiVirus harus menyaring virus terlebih dahulu. Saya sarankan menonaktifkan autoplay pada Windows untuk mencegah infeksi dan juga scanning drive dengan Malwarebytes Anti-Malware sebelum mentransfer.

Gejala infeksi

Gejala infeksi malware berkisar dari yang hampir tidak terdeteksi (keyloggers) atau yang jelas terang-terangan  (Sebuah aplikasi yang menyebut dirinya “Seven Anti-Spyware 2012″ akan terdengar sedikit mencurigakan).

  •  Aplikasi keamanan seperti antivirus dan firewall pengguna dinonaktifkan atau gagal untuk mengupdate.
  •  Program baru yang pengguna tidak ingat pernah menginstal muncul.
  •  Sebuah program antivirus generik mengklaim sistem terinfeksi dan meminta uang.
  •  Sebuah kegagalan untuk boot dalam bentuk baik layar hitam dengan pesan tentang file korup atau Blue Screen of Dead (BSOD) biasanya 0X000007B, dan kadang-kadang 8a.
  •  Komputer lambat, prosesor dan penggunaan memori yang mendekati penuh bahkan saat tidak ada aplikasi yang berjalan.
  •  Pengguna mencoba untuk browsing atau membuat pencarian di Google dan dialihkan ke situs yang mencurigakan.
  •  Ada beberapa varian antivirus palsu yang saya telah lihat yang mengklaim hard drive anda rusak. Jangan percaya apa pun yang anda baca sebelum diteliti. Saya sarankan anda untuk menjalankan pengujian pada hard drive anda jika anda mencurigai terdapat masalah hard drive (termasuk gejala respon lambat, berhenti, kegagalan, kehilangan konektivitas internet, dll) – Jika tes ini gagal anda hanya perlu backup data anda, ganti hard drive dan menginstal ulang sistem operasi dari disk backup anda (atau pengganti dari produsen komputer anda), kemudian mengembalikan data anda..

Peralatan

Silahkan download program-program dan simpan mereka pada desktop anda atau ke folder yang mudah diakses

Langkah 1: Safe Mode

Boot ke Safe Mode pilih Safe Mode with Networking dengan menekan F8 berulang kali saat booting. Ini akan membuka menu yang terlihat seperti ini . Pilih “Safe mode with Networking”

Langkah 2: Jalankan rkill

Aplikasi ini akan membunuh proses malware yang masih aktif, dan akan menghasilkan log file teks yang akan memberi daftar proses apa saja yang dibunuh. Ini mungkin membunuh startups printer HP dan beberapa item tidak berbahaya, namun jika anda melihat hal-hal seperti dwm.exe kemungkinan adalah malware (catatan dwm.exe adalah file Windows Vista / 7 yang digunakan untuk memberikan efek transparansi Aero, tetapi malware menyebut dirinya sama sehingga menunjukkan Sistem Operasi ke file yang terinfeksi bukan yang asli).

Langkah 3: Jalankan CCleaner

Ini akan menghapus file temp mana beberapa beberapa malware tersebut berada.

Langkah 4: Jalankan Combofix

Gunakan Combofix. CATATAN BAHWA ComboFix AKAN MENGUJI KOMPUTER DAN MUNGKIN DALAM KASUS LANGKA MERUSAK SISTEM OPERASI ANDA – LANJUTKAN DENGAN PERHATIAN – JIKA TIDAK YAKIN LANJUTKAN KE LANGKAH 6. Combofix sekarang juga mendukung sistem operasi 64-bit.

Langkah 5: Reboot dan boot ke Safe Mode [F8 saat startup] Lagi

Anda akan perlu reboot setelah selesai Combofix jika tidak File exe tidak akan berjalan.

Langkah 6: Instal dan jalankan Malwarebytes

Ini cukup sederhana, cukup install, update, dan menjalankan scan penuh dari Sistem Operasi. Proses ini bisa memakan waktu hingga beberapa jam tergantung pada sistem anda.

Langkah 7: Periksa Antivirus anda dan melakukan scan penuh

Jika anda memiliki antivirus kedaluwarsa yang disertakan dengan komputer anda atau anda tidak percaya dengan yang anda miliki, saya sarankan download dan menginstal Microsoft Security Essentials, software ini gratis dan memiliki tingkat deteksi yang cukup baik, namun AV-test.org di Q1 memberikannya rating deteksi yang cukup rendah. MSE 2.0 tidak akan mengenali semuanya, namun perlu diingat tidak ada antivirus yang dapat melindungi tanpa kebiasaan browsing aman dan jangan lupa update plugin dan sistem operasi anda. Jika anda menginginkan perlindungan lebih, anda bisa membeli antivirus. Jika MSE bukan favorit anda (akan memakan banyak RAM dan memperlambat netbook generasi lama) anda dapat mencoba salah satu AV lainnya yang ditawarkan di luar sana. Untuk yang gratis saya sarankan Avira, Avast diikuti oleh AVG. Dalam perlindungan berbayar, Kaspersky atau ESET NOD32 AV termasuk yang terbaik, secara pribadi jika saya memiliki uang untuk dibelanjakan saya akan menggunakannya (mungkin terkesan paranoid tetapi akan menjaga komputer anda cukup aman).

Langkah 8: Kembalikan Pengaturan Jaringan

My Network Settings Reset Tool akan menghapus setiap  alamat IP yang tercatat, pengalihan DNS,dan proxy yang biasa digunakan virus.

Langkah 9: Ubah password anda!

Ada beberapa trojan jahat di luar sana seperti Zbot yang akan mencuri password anda, nomor kartu kredit, dll dan mengirim mereka ke orang-orang di negara lain, orang-orang ini tertarik pada pencurian kekayaan anda. Jika anda membayar antivirus palsu dengan kartu kredit anda, segera batalkan kartu kredit anda (hubungi bank anda). Sebagai tindakan pencegahan saya akan merekomendasikan mengubah password login anda, pastikan mereka memiliki karakter dengan setidaknya satu huruf kecil, huruf besar, simbol, dan nomor. Jangan gunakan username dan password login yang sama untuk setiap situs. Jika mereka mengetahui nama pengguna gmail dan password anda kemungkinan anda menggunakannya untuk PayPal atau akun Amazon juga.

Langkah 10: Amankan Komputer anda

Pastikan anda menjalankan Windows Update dan service pack terbaru diinstal dan firewall anda diaktifkan, Antivirus bisa diperbarui dan tidak kedaluwarsa, Pastikan Firefox / Java / Adobe / Flash diperbarui, jika tidak, jalankan installer individu.

Untuk melihat versi program yang telah cukup pergi ke Start | Run | ketik “appwiz.cpl” yang akan membawa anda ke panel Add / Remove (Program and Features di Windows Vista / 7)

Jika anda masih terinfeksi anda mungkin memiliki Virus Master Boot Record (MBR) yang seharusnya oleh ComboFix dihapus.

Tulis komentar...

Read more:
down-for-everyone-or-just-me
Cek website down dengan Down For Everyone Or Just Me?

google-chrome-this-is-probably-not-the-site-you-are-looking-for
Cara melewati SSL Error di Google Chrome

Close