Apa maksud “Windows cannot be installed to this disk.”?

Kemarin malam teman saya ingin menginstall ulang Windows 7 di laptopnya, karena dia tidak terbiasa menggunakan Windows 8 katanya. Proses instalasinya sih lancar – lancar saja, tapi saat memilih partisi untuk pemasangan sistem operasinya malah muncul pesan error “Windows cannot be installed to this disk. The disk may fail soon. If other hard disk are available, install windows to another location.” dan tidak bisa dilanjutkan prosesnya.

Jika anda penasaran apa maksud pesan kesalahan tadi maka akan saya terjemahkan. Artinya “Windows tidak bisa diinstall kedalam (partisi) harddisk ini. Harddisk tersebut kemungkinan bisa rusak dalam waktu dekat. Jika ada yang lain harap install Windows di lokasi lainnya”. Kalau ini yang muncul maka cara mengatasinya sangat terbata.

Ya, kalau sudah muncul pesan diatas berarti menandakan usia harddisk anda sudah tidak lama lagi dan karena itulah ditolak untuk melanjutkan prosesnya. Informasi kesehatan harddisk ini didapatkan dari S.M.A.R.T dan bisa anda cek sendiri menggunakan software seperti CrystalDiskInfo atau lewat BIOS. Solusinya cuma antara anda membeli harddisk baru atau memilih lokasi partisi lainnya.

Semisal pesan error yang anda alami berbeda sedikit silahkan dituliskan dalam komentar dan akan saya bantu mencari solusinya.

14 pemikiran pada “Apa maksud “Windows cannot be installed to this disk.”?”

  1. show details nya :setup was unable to create a new system partition or lacate an exiting sistem partition .see the setup log files more information.

    Balas
    • Halo Ali, maksudnya error ini ya mas: Setup was unable to create a new system partition or locate an existing system partition.

      Anda pakai flashdisk apa untuk instalasi Windowsnya? Kalau Kingston atau walaupun bukan saya anjurkan agar ganti ke merek flashdisk lain. Saya sering menemui masalah serupa di USB Flashdisk ini. Yang pasti disebabkan tidak kompatibel antara flashdisknya dengan installer Windows.

      Solusi alternatifnya:
      1. Hapus semua partisi.
      2. Lepaskan USB Flashdisk.
      3. Klik Next, akan muncul error: Windows is unable to install to the selected location. Error: 0x80300001..
      4. Pasang kembali flashdisknya.
      5. Klik Refresh.
      6. Klik Next.

      Semoga berhasil.

    • assalammualaikum , gan saya baru perbaiki computer , sekali saya mau download fim gitu , tiba-tiba lemot banget , pas mau hidupin lama sekali mau kedesktop blum beberapa menit dia lambat knapa yaa gan kasih solusinya ,trims

    • Halo Hamid, silahkan pada daftar drive/partisi harddisk yang muncul gunakan tombol panah untuk menggantinya. Kalau harddisk anda cuma ada satu dan dibagi menjadi beberapa partisi… sebaiknya jangan karena cuma menunda masalahnya. Sebaiknya diinstall ke harddisk lain kalau ada.

      *Saya baru sadar tidak ada fotonya ya, nanti akan saya tambahkan karena memang kurang jelas kalau cuma berdasarkan tulisan saja.

  2. Gan tlong dong, gmna mengatasi windows cannot be installed to disk. The disk may fail soon. If other hard disk are available, install windows to another location

    Balas
  3. Ane baca baca di website lain katanya masih bisa di fix pake low format hdd buat hilangin bad sectornya. Cuma resikonya kalo lagi low format tiba tiba mati listrik, ya wafat hddnya. Btw ane baru rencana doang pake trik ini, soalnya di daerah ane sering banget mati listrik (sebentar doang ga sampe 10detik nyala lagi). Kan sayang kalo hddnya mati ): . Paling kalo emang pengen coba pake trik ini, buat yang di lepi, batre harus full + tetep dalam keadaan charging biar ga mati lepinya pas lagi diformat

    Balas
    • Trims informasinya mas Faris, saya belum pernah coba trik yang ini. Mungkin lain kali (semoga tidak) apabila terjadi masalah yang sama biar dicoba. Soalnya kalau sudah ada kerusakan fisik ya sedikit yang bisa dilakukan, jadi ga kepikiran ada solusinya. 😀

  4. sedikit tambahan untuk penggunaan hardisk lowlevel format dan telah terlalu lam juga baru dapat komentar ini mungkin rata2 dari anda semua telah mengganti hardisk. sedikit tips sebenarnya setiap hardisk yang bermasalah dapt diformat menggunakan llf namun, hasil yang dikeluarkan oleh llf tidaklah begitu sempurna paling hanya dapat memperbaiki 20-40% dari total kerusakan hardisk. dan hal yang mesti diingat apabila sedang melakukan format menggunakan llf trus listrik padam atau gagal ditengah jalan apakah hardisk dapat rusak semakin parah disini saya tekan kan TIDAK. saya sudah sering mengalami hal ini namun hardik saya menjadi lebih baik karena sewaktu gagal kita mengulangi langkah2 yang telah kita leati sebelumnya makan dapat membuat format semakin sempurna dan daat menigkatkat perbaikan ke posisi 50-60% saran saya untuk dapat melalkukan format minimal 2x.

    jika butuh llf yang full version dapat meng email ke [email protected] / [email protected] yang pastinya free.

    Balas
    • Baca sampai selesai baru sadar LLF ini Low Level Format ya. 😀 Padahal sudah ditulis di kalimat pertama.

      Trims tambahan informasinya mas.

Tulis komentar...