Apakah akun saya aman?

Entah disadari atau tidak selama kita online pasti telah memiliki akun di berbagai macam layanan dan situs, dan ini saya yakin kalau dihitung bisa ratusan jumlahnya. Rata – rata menggunakan email atau username sama dan kok passwordnya juga masih persis atau mudah ditebak. Mungkin anda bingung saya mau membahas apa. Hehe. 🙂 Saya ingin mengingatkan saja setiap tahunnya pasti ada saya situs atau layanan online populer yang dibobol hacker, dan data penggunanya biasa dibocorkan.

Tahun ini saja ada kasus AshleyMadison dan baru saja 000WebHost, pernah mendaftar disana? Segera cek akun – akun penting anda lainnya dan ubah kata sandinya.

Walaupun anda tidak tahu atau tidak ada berita mengenai kebocoran data pribadi tapi saya sangat menyarankan anda memastikannya. Bagaimana caranya? Dengan memanfaatkan layanan dari Have i been pwned?, tinggal masukkan alamat email anda atau username yang sering dipakai kemudian klik pwned?.

have-i-been-pwned

Apa hasilnya? Ternyata alamat email pribadi saya beserta passwordnya dari jaman SMP sudah bocor di internet dan bisa didapatkan dari database situs yang berhasil dijebol.

oh-no-pwned

Ada penjelasan darimana sumbernya dan apa saja yang bocor (alamat email, username, password, nama, alamat IP, dan sebagainya), seperti dari situs MangaTrader tahun 2014 dan tahun ini dari 000WebHost. 🙁 Waduh… segara saja saya ubah kata sandinya untuk mencegah ada orang jahat mengakses akun saya. Kemudian saya melakukan registrasi monitor keamanan akun di situs ini juga, jadi kalau ada masalah serupa di masa depan saya akan diberikan notifikasi.

Kalau sebelumnya anda menggunakan password yang sama atau mudah ditebak untuk setiap akun maka saya anjurkan mulai sekarang diubah kebiasaannya. Minimal satu akun adalah satu password unik. Gunakan aplikasi password manager untuk memudahkan anda mengingat apa kata sandinya atau malah otomatis diisikan saat login.

Tulis komentar...