Apakah itu IIX?

Sering kali kita mendengar istilah IIX dalam keseharian berinternet di Indonesia, apalagi kalau anda sering melakukan download file dan streaming video. Biasanya anda akan lebih sensitif terhadap link download yang berada pada IIX atau tidaknya, dan karena kita berada di Indonesia maka kita akan lebih memilih IIX sebagai lokasi sumbernya.

Sebelumnya kita harus mengenali dulu apa arti istilah IIX. IIX atau Indonesia Internet Exchange adalah jaringan interkoneksi penyedia layanan internet (ISP) di Indonesia. Sejarah singkatnya IIX, dulu untuk berkomunikasi antar ISP di Indonesia tidak bisa secara langsung dan harus melalui jalur luar negeri sebelum kembali ke Indonesia. Proses ini dilakukan berulang kali selama diperlukan padahal yang berkomunikasi adalah sama – sama lokasinya di dalam Indonesia. Bisa dilihat sungguh tidak efisien dan membuang – buang bandwidth internasional kita.

indonesia-map

Akhirnya beberapa ISP di Indonesia sepakat untuk menghubungkan koneksi internet mereka agar mampu berkomunikasi langsung tanpa melewati perantara (ke luar negeri). Ini berakibat selain menghemat penggunaan bandwidth internasional Indonesia juga mempercepat koneksi dalam negeri. Jadi bisa dikatakan solusi ini sangat menguntungkan kalau yang mengakses memang dari dalam Indonesia, kalau dari luar negeri berusaha mengakses apa yang ada dalam IIX maka akan dibatasi kuota bandwidth yang telah ditentukan. Oh ya, IIX dikelola oleh organisasi bernama APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) yang beranggotakan ISP – ISP di Indonesia.

Apabila IIX yang dibahas berhubungan dengan hosting website maka jelas yang dimaksud adalah lokasi server hosting tersebut berada di Indonesia, jadi kalau pengunjung website anda targetnya adalah dalam negeri atau orang Indonesia memang lebih baik memilih IIX Hosting. Kelebihannya tentu selain lebih cepat diakses dari dalam negeri juga anda akan membantu ekonomi Indonesia dengan tidak membeli produk dari luar negeri. Kalau sudah ada alternatif dari Indonesia lebih baik kita menggunakan dan mendukungnya bukan. Saat ini lokasi Data Center IIX hanya terdapat di Jakarta, lebih tepatnya di Cyber Building. Mungkin di masa depan akan terdapat IIX Data Center lain di kota – kota besar seperti Surabaya, Bandung, Yogyakarta dan masih banyak lagi.

Tulis komentar...