Apakah itu Tor?

Meningkatnya kesadaran akan privasi saat menggunakan internet telah membuat kita mengetahui betapa pentingnya kebiasaan kita saat online supaya tidak diketahui orang lain. Walaupun yang kita lakukan bukanlah tindakan ilegal atau melanggar hukum tapi memang sebaiknya kita tidak mengumbar secara terbuka apa penggunaan internet bagi pribadi kita sendiri.

Apalagi sekarang sudah mulai banyak sensor dan blokir terhadap website dan layanan online tertentu yang memang membidik generasi muda yang belum tentu situs tersebut memang berisi hal – hal yang meragukan. Dari pengalaman pribadi saya bahwa ada rekan saya seorang dosen yang mencari bahan penelitian dan memang judulnya agak kontroversial kesulitan dalam membuka website yang berisi pembahasan lebih lanjut dan referensinya karena diblokir. Untuk mengatasi blokir ini anda dapat menggunakan Proxy server, VPN atau mencoba Tor.

Apa itu Tor?

The onion router (Tor) network adalah merupakan teknologi yang menyembunyikan perilaku anda saat mengakses internet. Seluruh koneksi internet yang menggunakan Tor akan dienkripsi sehingga kecil kemungkinan bisa disadap oleh pihak lain.

 

tor-logo

 

Bagaimana cara kerja Tor?

Tor akan menyalurkan segala traffic internet melalui titik – titik yang mendukung protokol Tor (Tor exit node) dan ini dilakukan berulang – ulang sehingga lokasi asal dan tujuan akan susah dilacak karena melewati beberapa lapisan. Inilah kenapa dinamakan rute bawang karena prinsipnya Tor ini seperti bawang yang dikupas akan terdapat lapisan lain lagi.

Apa tujuan dibuatnya Tor?

Tujuannya adalah kebebasan berekspresi dan melewati sensor pemerintah terhadap pendapat publik. Tor ini sering digunakan di negara – negara yang sedang mengalami konflik dalam negeri supaya ada kabar atau berita yang bisa disampaikan dari dalam negara tersebut ke dunia internasional.

Apakah Tor bisa membuka semua situs yang disensor atau diblokir?
Ya semua website akan bisa dibuka tanpa ada masalah apapun, kecuali kalau traffic Tor diblokir oleh penyedia layanan internet anda, dan setahu saya belum ada yang melakukannya di Indonesia.

Bagaimana kecepatan akses internet menggunakan Tor?

Kalau untuk browsing saja maka bisa dikatakan cukup cepat, dan ini juga tergantung bandwidth koneksi internet anda.

Kalau saya ingin streaming video bagaimana? Apakah Tor mampu?

Saya pernah mencoba menonton video streaming dari YouTube dengan Tor dan ternyata bisa dikatakan lancar dengan menggunakan koneksi internet Telkom Speedy bandiwidth 1 MB. Tapi tentunya tergantung saat itu kondisi jaringan Tor bagaimana juga, tapi memang lebih baik dicoba sendiri.

Saya dengar ada website khusus dalam Tor?

Ya dalam jaringan Tor sebenarnya juga ada website yang hanya bisa diakses bila menggunakannya, dan ini dinamakan dengan istilah The Deep Internet. Dinamakan internet yang dalam karena semuanya memang tersembunyi dan tersimpan dalam – dalam. Apa isi situs – situs ini? Kebanyakan adalah hal ilegal seperti jual beli prostitusi, obat – obatan terlarang (narkotika) dan pornografi. Harap anda berhati – hati karena website dalam Tor ini dipantau oleh pihak berwajib, jadi walaupun penasaran saja sebaiknya hindari jauh – jauh supaya tidak menjadi masalah di kemudian hari.

Apa hubungan Tor dengan Bitcoin atau cryptocurrency lainnya?

Bitcoin atau mata uang crypto lainnya merupakan mata uang yang digunakan dalam transaksi dalam dunia Tor. Kelebihan Bitcoin yang bisa digunakan dengan anonim (tanpa identitas dan jejak) menjadi pertimbangan utama karena dalam Tor kerahasiaan adalah nomor 1. Bahkan bisa dikatakan karena Tor maka adopsi penggunaan Bitcoin bisa menjadi populer.

Oke saya tertarik mencoba karena [alasan anda disini], bagaimana cara menggunakan Tor?

Cara paling mudah adalah dengan menggunakan Tor Browser, cukup download dan jalankan saja programnya. Sudah, langsung bisa digunakan. Tor Browser ini merupakan fork dari Mozilla Firefox yang sudah dimodifikasi dan dibundel dengan Tor, dan sifatnya adalah portable.

Tulis komentar...