Apakah itu Two Factor Authentication?

Merasa tidak aman atau takut akun anda dibajak oleh orang lain? Sebenarnya ada cara yang bisa membuat tingkat keamanan akun anda menjadi lebih kuat walau (sangat tidak disarankan) menggunakan password lemah. Kalau di situs yang anda gunakan memiliki fitur Two factor Authentication (2FA) aktifkan saja supaya tidak bisa dihack oleh orang – orang yang berniat buruk.

Sebenarnya apa sih Two factor Authentication itu?

2FA adalah suatu fitur keamanan yang difungsikan sebagai verifikasi apakah pengguna yang akan login benar – benar orang yang memiliki akun tersebut.

Bagaimana cara verifikasi Two factor Authentication?

Konsep 2FA sangatlah mudah, selain username (atau email) dan password akan ditambahkan satu langkah lagi yang dibutuhkan untuk login. Inilah yang dimaksud cara verifikasi pemilik akun. Kalau anda pernah bertransaksi menggunakan Internet Banking BCA maka anda pasti memiliki token BCA atau KeyBCA yang harus digunakan saat bertransaksi, ini juga merupakan salah satu jenis 2FA.

facebook-security-login-approvals

Apa saja cara yang digunakan untuk verifikasi Two factor Authentication?

Cara paling umum adalah melalui email atau SMS ke nomor handphone anda. Jadi nanti setiap anda akan login akan dikirimkan sebuah pesan berisi kode yang harus dimasukkan pada halaman login website untuk melanjutkan proses login ke akun.

google-2-step-verification

Wah… repot nantinya kalau setiap login selalu diverifikasi?

Tidak seagresif itu kalau menggunakan Two Factor Authentication, umumnya pada situs yang bisa menggunakan fitur 2FA akan melakukan verifikasi hanya saat anda login pada komputer, perangkat atau lokasi yang tidak dikenal atau baru. Ini merupakan ciri – ciri ada orang yang tidak berhak berusaha mengakses akun anda. Selama anda mengakses akun anda dari lokasi dan menggunakan perangkat yang tetap maka tidak akan ditanyai kembali.

Apakah Two factor Authentication akan melindungi saya?

Singkatnya ya, para hacker yang ingin menembus akun anda harus memiliki akses ke perangkat yang anda pasangkan dalam sistem 2FA. Jadi kalau mereka memiliki password akun anda dan ingin masuk akan langsung ditanyakan kode tambahan, jadi password saja tidak akan berguna. Selain anda akan diinformasikan bahwa ada orang yang ingin masuk ke akun anda juga mereka akan tertahan pada proses login selama kode 2FA tidak dimasukkan.

twitter-security-login-verification

Situs apa saja yang sudah mendukung Two Factor Authentication?

Setahu saya situs – situs besar seperti Google, Facebook dan Twitter telah menawarkan fitur ini. Walau tidak semuanya menggunakan istilah yang sama. Coba anda cek pada halaman keamanan dari masing – masing situs, tentunya dalam keadaan anda login ke akun di situs tersebut. Kemudian carilah apakah ada sistem yang menambahkan langkah konfirmasi login dengan email atau SMS.

Tulis komentar...