LOADING

Type to search

Hardware

Arti bunyi bip di Award BIOS

Setiap kali menyalakan komputer maka BIOS akan menjalankan proses POST (Power On Self-Test) yang berfungsi menguji kesehatan hardware yang ada. Bila ada kerusakan yang dideteksi maka akan muncul bunyi – bunyian bip panjang atau pendek yang menandakan perangkat mana yang mengalami masalah atau error. Karena pembuat BIOS sendiri bermacam – macam maka mereka memiliki kode suara masing – masing, dan kali ini yang saya tuliskan adalah mengenai Award BIOS.

Bagaimana anda mengetahui kalau komputer anda BIOSnya adalah Award? Perhatikan logo dikiri atas apakah bertuliskan Award Modular BIOS dan memiliki logo berwarna biru. Kalau berwarna merah maka itu adalah America Megatrends, Inc. (AMI) BIOS seperti gambar dibawah.
ami-bios-cmos-settings-wrong

Setelah anda yakin maka silahkan cek dan bandingkan kode suara beep yang muncul dengan daftar berikut untuk menganalisa apa yang rusak:

  • Suara beep 1 panjang disusul 2 pendek – Ini menandakan ada masalah pada video card anda, bisa kerusakan pada GPU, kartu grafis kurang pas menancap pada slotnya, dan pastikan kabel VGA/HDMI terhubung dengan benar.
  • Suara bip 1 panjang disusul 3 pendek – Tidak ada VGA (kartu grafis) atau memori GPU rusak. Lepaskan GPU anda dan tancapkan kembali, kalau masih muncul juga maka ini adalah ciri – ciri GPU anda rusak.
  • 5 kali suara bip panjang – Cek setting kipas angin prosesor (CPU) anda di BIOS, bisa jadi memang CPU fan anda rusak dan perlu diganti.
  • 5 kali suara bip pendek – Data dari BIOS anda corrupt, kalau anda BIOS cadangan maka gunakanlah. Kalau tidak ada maka terpaksa anda menge-flash BIOS motherboard anda.
  • Bunyi beep frekuensi tinggi terus menerus – Suara ini memberitahukan bahwa CPU (prosesor) anda suhunya terlalu panas, cek kipas CPU atau pastikan ada aliran udara. Solusi sementara nyalakan kipas angin ke arah PC anda atau AC untuk menurunkan temperaturnya.
  • Bunyi bip bergantian tinggi dan rendah berulang – ulang – Diperkirakan CPU tidak terpasang dengan benar atau mengalami kerusakan, juga panas yang berlebihan bisa menjadi faktornya.
  • Bunyi bip berulang – ulang tanpa henti – Ada masalah pada memori anda, cek slot RAM anda. Coba lepaskan dan pasang kembali, atau dipindahkan ke slot lain. Anda bisa membersihkan pin RAM anda menggunakan penghapus karet yang bersih.

Dengan mengenali bunyi – bunyi yang keluar anda bisa mengetahui apa kerusakan atau error yang dialami komputer anda, ini bisa menjadi diagnosa awal sebelum melakukan perbaikan dan mengganti hardware yang bermasalah.

Tags:

Tulis komentar...