Attribute Changer: Edit atribut file dan folder dengan mudah dan cepat

Di Windows untuk mengubah atribut suatu file atau folder sebenarnya tidaklah sulit, tinggal klik kanan dan pilih Properties saja kemudian utak – atik saja opsi yang ada. Tapi untuk beberapa pola atribut tertentu seperti Hidden, Compress, System, dan sebagainya bila dilakukan satu per satu akan lama sekali dan merepotkan. Tapi masih ada solusinya.

Ya, kita manfaatkan saja program Attribute Changer yang akan menyediakan satu lokasi untuk melakukan edit atribut satu file atau secara massal. Walaupun tetap cara mengaksesnya sama lewat klik kanan pada file atau folder di Windows Explorer tapi fitur – fiturnya lebih mudah digunakan dan lebih lengkap.

attribute-changer

Mulai dari mengganti tipenya apakah akan disembunyikan atau tidak, diproteksi agar tidak bisa dihapus, mengganti nama file/folder ke format tertentu seperti semua huruf besar, menyamakan waktu diambilnya foto pada data EXIF dan masih banyak lagi. Rata – rata bisa dilakukan secara massal juga.

Saya sering menggunakannya untuk menstandarkan sistem penamaan file dan juga untuk sinkronisasi waktu dibuatnya file tersebut. Walau kesannya sepele tapi saat dibutuhkan untuk merapikan file dan folder akan terasa sangat berguna.

Tulis komentar...