Audacity: Audio Editor serba bisa

Ingin melakukan editing pada audio untuk menormalkan level suara, memberikan efek supaya terasa lebih ramai, menghilangkan vokal supaya bisa dibuat karaoke, merekam suara dari komputer atau sekedar memotong lagu untuk dibuat ringtone? Anda tidak perlu menggunakan software berbayar yang mahal seperti FL Studio atau Adobe Audition yang didesain untuk para profesional, cukup Audacity saja untuk memenuhi kebutuhan anda.

Audacity adalah program untuk melakukan editing pada audio dan banyak sekali fitur yang bisa anda manfaatkan untuk melakukan manipulasi audio atau memperbaiki kualitasnya.

audacity

Program ini mendukung file WAV, AIFF, FLAC, MP2, MP3 dan Ogg Vorbis sebagai inputnya dan kalau menginginkan bisa melakukan konversi antar format audio.

Saya sendiri sering menggunakan Audacity untuk memotong MP3 dan menggabungkan hasilnya menjadi satu file yang berkesinambungan. Jika tempo lagu atau pitchnya terasa kurang tepat maka anda bisa mengubahnya juga. Benar – benar aplikasi serba bisa dan serba guna.

Kalau fitur diatas masih terasa kurang maka anda bisa menambahkan plugin, terutama kalau anda ingin menyimpan hasil editing musik anda menjadi file MP3 maka anda harus menambahkan LAME MP3 encoding library di dalamnya.

Secara keseluruhan ini adalah aplikasi wajib yang harus ada di setiap komputer apapun sistem operasinya (Windows, Mac, Linux) bila ingin melakukan audio editing secara cepat dan mudah.

Tulis komentar...