Backup Memory: Persembahan mulia Samsung untuk penderita Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit dimana perlahan tapi pasti ingatan dari penderitanya akan lenyap. Hal ini sungguh menyakitkan bagi orang terdekatnya kalau kita bayangkan karena orang yang kita cintai akan melupakan segalanya pada akhirnya. Hasil riset menyatakan bahwa prosesnya bisa diperlambat kalau otaknya distimulus sejak tahap awal.

Dan kali ini Samsung Tunisia menciptakan sebuah aplikasi Android dengan tujuan mulia yaitu Backup Memory untuk memberikan bantuan kepada penderita Alzheimer mengingat kembali akan setiap orang yang ditemuinya atau dalam jarak tertentu.

Gambari dari salah satu cuplikan video Backup Memory (juga disisipkan dibawah). Sumber: Samsung Tommorow.
Gambar dari salah satu cuplikan video Backup Memory (juga disisipkan dibawah). Sumber: Samsung Tomorrow.

Sistem kerja Backup Memory ini adalah mengenali setiap perangkat melalui koneksi Bluetooth dengan aplikasi yang sama dan akan otomatis memunculkan profil pemiliknya pada handphone si pasien. Ini diharapkan akan membuat penderitanya terpicu ingatannya akan ada hubungan apakah antara ia dengan orang tersebut dan tidak hilang begitu saja. Anda bisa melihat videonya berikut ini.

Terimakasih untuk Samsung yang memperhatikan kesehatan pasien dari penyakit mengerikan ini dan berusaha memperbaikinya dengan satu langkah ini. 🙂

*Saya menulis mengenai aplikasi ini karena ibu saya hanya mengingat orang terdekatnya itupun hanya sepatah – patah, mungkin Alzheimer atau Dementia, walaupun sudah terlambat tapi setiap usaha mengobati atau meringankannya akan sangat bermanfaat baik untuk pasien dan keluarganya. Kenangan itu sungguh berharga sekali.

Satu pemikiran pada “Backup Memory: Persembahan mulia Samsung untuk penderita Alzheimer”

Tulis komentar...