Bayar aplikasi/game malah muncul Telkomsel: Unavailable

Last Updated on Desember 5, 2020

Ceritanya saya ingin topup game Ulala kemarin, niatnya pake pulsa kartu As karena ada 100 ribuan dan bukan kartu utama saya. Kalau sudah pernah mendaftarkan nomor hp Telkomsel (Simpati/Kartu As) mestinya urusan gampang. Tinggal tap pilihan pembayaran waktu diminta, dan tap pada billing Telkomsel. Tapi masalahnya tidak bisa dipilih dan ada pesan kesalahan Telkomsel: Unavailable.

Dari hasil cari tahu saya, ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi ini. Bisa dicoba sendiri kira-kira yang work yang mana, karena belum tentu penyebabnya sama apalagi solusinya.

Pertama, pastikan ada sinyal operator Telkomsel. Walau kecil kemungkinan ada masalah tapi bisa dicek di pengaturan Android apakah SIM cardnya berfungsi normal. Dimatikan mobile data dan nonaktifkan kartu SIMnya, sementara saja dan hidupkan lagi kemudian.

Kedua, kalau masih belum sukses. Langsung saja restart hpnya, mungkin sepele tapi kadang perlu penyegaran kembali.

Ketiga, bisa jadi ga sadar. Apabila anda pakai VPN jangan lupa dimatikan dulu, kadang deteksi Play Store rewel perkara ini.

Keempat, bersihkan cache dari aplikasi Play Store. Cek di Settings > Apps.

Kelima dan solusinya yang berhasil buat saya mudah walau agak repot, jadi hp saya adalah Realme 3 Pro yang dual SIM. SIM 1 pakai kartu 3 dan SIM 2 As, ya mau ga mau harus dilepas dan ditukar posisinya. Sudah gitu saja, dicoba lagi langsung bisa pakai pulsa Telkomsel. BTW, sebelumnya saya sudah coba disable SIM card 1 di setting Android tapi tetap ga bisa.

Jika tidak ingin tukar kartu, atau mager. Bisa beli manual saldo Google Play Gift Card pakai pulsa lewat kode telepon atau di marketplace voucher sih.

Sekian dan semoga bermanfaat. 🙂

Tinggalkan komentar