Membuka rekening tabungan CIMB Niaga

Last Updated on Maret 29, 2021

Setelah Jenius mengumumkan adanya fee bulanan maka dengan berat hati saya mencari alternatifnya. Singkat cerita saya memilih CIMB Niaga dengan OCTO Mobilenya. Saya lihat di deskripsi produk yang sekiranya setara dengan layanan Jenius itu ON Account.

Hanya pakai aplikasi mobile dan PIN verifikasi lewat SMS. Ada bebas transfer antar bank 20 kali sebulan dan tentunya bebas iuran asalkan ada saldo minimal 1 juta. Sudah cukup buat transaksi sehari-hari.

Masalah pada OCTO Mobile

Niat awalnya daftar akun baru lewat aplikasi OCTO, tapi ternyata saat sign up dan upload dokumen hasilnya ditolak karena terdeteksi saya ada rekening di bank Niaga. Dan langsung saya ingat, 15 tahunan lalu jaman masih kuliah saya pernah membuat tabungan disini karena dekat kampus.

Otomatis bingung. Akhirnya saya tanyakan ke csnya lewat Instagram dan diluar jam kerja pun dibalas dalam waktu 1 jam-an. Intinya walau rekeningnya sudah ditutup tapi datanya masih ada, jadi tidak bisa langsung bikin ON Account lewat apps. Solusinya datang sendiri ke cabang bank atau Digital Lounge.

Pergi ke kantor cabang CIMB Niaga

Kantornya buka jam 8 pagi sampai 3 sore. Kebetulan ngantar keponakan ke sekolah jadi sekalian saja pagi-pagi berangkat. Ya enaknya ga ada antrian, langsung ke customer service untuk membuka rekening baru.

Syarat membuka rekening tabungan baru CIMB Niaga

  1. KTP.
  2. NPWP. Tapi bisa diabaikan kalau belum bekerja atau masih kuliah/sekolah, cuma butuh KTP orang tua.
  3. Uang Tunai 100 ribu untuk ON Account, dan 500 ribu untuk jenis lainnya. Ini untuk setoran pertama.
  4. Materai Rp. 10.000. Bawa sendiri atau beli di banknya.
  5. Kartu Keluarga apabila nama sendiri atau ibu ada perbedaan dengan datanya. Ini opsional ya. Kebetulan saya ada masalah dengan nama Ibu di Disdukcapil yang tiba-tiba berubah.

Jadi kalau paling mendasar ya cuma wajib 2 hal: KTP dan uang setoran minimal.

Nanti akan diminta mengisi beberapa lembar formulir seperti biasa. Apabila ada dokumen yang kurang (seperti saya soal yang butuh foto KKnya karena ada beda data), nanti coba minta tolong ke csnya apakah bisa menyusul via email atau WhatsApp.

Tunggu beberapa saat cs akan memproses pembuatan rekening baru, dan tidak lama akan selesai. Saya cuma dapat kartu ATM debit Mastercard saja, kurang tahu kok ga ada GPN. Buku tabungan tidak termasuk kalau rekeningnya jenis ON Account.

Total waktunya 30 menitan, yang bikin lama itu ngisi formulirnya saja.

Dan lain-lain

Tambahan saja, rekening full online OCTO itu ada ON Account dan iB ON Account. Bedanya satu yang biasa, yang satunya itu jenis syariah.

Sebenarnya asalkan anda sudah punya rekeningnya maka bisa langsung pulang dari kantornya. Karena proses aktivasi internet banking CIMB Niaga dan OCTO Mobile bisa mandiri, ga perlu registrasi via ATM maupun ke customer service.

Sekilas saya tanyakan soal kartu kredit juga, syaratnya katanya lebih sulit sejak pandemi. Minimal saldo rata-rata 5 juta dan memiliki kartu kredit dari bank lain. Tapi setahu saya ini lebih sulit sedikit dibandingkan BCA dan jauh lebih mudah dibandingkan Bank Mandiri.

Tinggalkan komentar