Cara belanja di Bilna

Mumpung saya mendapatkan kupon belanja dan gift voucher dari Bilna saya ingin mencoba bagaimana cara belanjanya. Bilna ini adalah situs online mall seperti Lazada dan Blibli tapi fokusnya masih di produk ibu – ibu juga anak – anak, tapi perlahan tampaknya mulai ekspansi ke kategori barang lain seperti gadget dan elektronik.

Saya tidak membeli barang mahal kok, cuma USB Flashdisk rencananya mumpung sekalian ada promo 8GB 49.000 dan 16 65.000. Karena ongkos kirim gratisnya hanya berlaku untuk pembelian minimal 200.000 sebelum diskon maka saya juga membeli Powerbank untuk menggantikan Powerbank Samsung KW saya yang sudah tidak bisa diandalkan. 😛

Silahkan kunjungi situs Bilna.com dan cari saja produk yang anda inginkan. Yang saya incar adalah Midas USB Flashdisk 16GB Black yang sedang didiskon 43%. 😀 Saya sendiri membeli 2 buah (isikan pada Qty) dan klik Buy Now, nanti akan dimasukkan kedalam shopping cart.
bilna-midas-usb-flashdisk-16gb-black

Karena belum 200ribu totalnya saya mencari powerbank yang sekiranya kualitasnya bagus, murah dan original – kapok pakai yang palsu. Setelah melihat beberapa produk Powerbank saya condong ke B-ONE Powerbank 10400 MAH Silver MiBank Model yang harganya cuma 99.000. Kapasitasnya cukup besar, bentuknya mirip milik Xiaomi dan walau awalnya ragu tapi melihat yang menjual adalah pihak Bilna sendiri (perhatikan apakah ada tulisan “Sold by Bilna and Shipped by Bilna”) maka saya percaya kalau ini adalah barang asli – berarti Flashdisk diatas dijual oleh merchant partner, semoga tidak ada masalah nantinya.

bilna-b-one-powerbank-10400-mah-silver-mibank

Tapi ternyata ada tulisan Product Non-Original di deskripsinya (cek di Isi Paket) :(? Halah sama saja ternyata Bilna. Haha. 😀

Saya jadi ragu kalau Powerbanknya menggunakan baterai Li-ion jadinya karena yang KW atau palsu bisa memakai baterai ukuran A2, jadi saya memilih B-ONE Powerbank 8000 MAH Polymer Silver MiBank Model karena menggunakan Li-Poly, ukurannya tipis kecil kemungkinan menggunakan baterai abal – abal dan walaupun kapasitasnya lebih kecil semestinya lebih awet (Ingin tahu beda kedua jenis baterai diatas? Cek Perbedaan baterai Li-ion dengan Li-poly). Tapi kali ini tidak ada tulisan “Sold by Bilna and Shipped by Bilna”. Agak judi juga sih dan saya tetap menambahkan dalam keranjang belanja.
bilna-b-one-powerbank-8000-mah-polymer-silver-mibank
Karena sudah tidak ada barang yang saya inginkan lagi dan sudah melewati total transaksi untuk pengiriman gratis maka saya klik tombol Checkout di sisi kanan atas.

bilna-view-cart-checkout

Selanjutnya halaman shopping cart akan terbuka dan barang belanjaan anda akan muncul dalam daftarnya. Pastikan tidak ada kesalahan. Kalau anda memiliki kupon belanja atau gift voucher harap diisikan disini, dan saya menganjurkan anda telah melakukan registrasi akun Bilna dahulu untuk menggunakan jenis voucher yang diberikan khusus per pelanggan. Klik Checkout untuk melanjutkan.
bilna-shopping-cart
Bila anda belum mendaftarkan diri maka disini anda bisa melakukannya atau bertransaksi sebagai tamu. Terserah anda, tapi keuntungannya menjadi member adalah mendapatkan Bilna credit yang bisa digunakan untuk memotong harga barang yang anda beli. Bila sudah maka selanjutnya adalah:

  1. Mengisikan alamat penerima.
  2. Menggunakan pengiriman biasa atau dengan Bayar di Tempat / COD jadi barang baru dibayar saat sampai (uangnya diserahkan ke kurirnya). Saya belum tahu ini menggunakan jasa ekspedisi apa. Mungkin dipilih acak dari JNE, SAP Express, dan First Logistics. Yang mana saja terserah asal bisa dilacak paketnya menggunakan nomor resinya nanti.
  3. Memilih metode pembayaran (Credit Card / Debit Card, KlikBCA, BCA KlikPay, Bank Transfer Payment BCA, Bank Transfer Payment BNI, Bank Transfer Payment Mandiri). Saya memilih transfer BCA, baca petunjuknya yang muncul pada setiap opsi terpilih.
    bilna-checkout-order-review-place-order
  4. Dan akhirnya silahkan review daftar barang yang anda beli, kalau sudah yakin klik Place Order.

Halaman terimakasih telah berbelanja di Bilna.com akan terbuka, nomor order anda akan ditampilkan disertai bagaimana cara melakukan pembayaran tagihan ke Bilna. Silahkan anda lunasi dan proses konfirmasi katanya otomatis. Saya sudah mengirimkan uangnya sih, dan sekarang masih menunggu konfirmasi pembayarannya – semoga tidak lama karena saya punya pengalaman kurang bagus saat membeli di akhir minggu tapi di Blibli. Anehnya saya juga tidak mendapatkan konfirmasi pemesanan barang lewat email.

Tulis komentar...