Cara berhenti berlangganan MyRepublic

Ini sharing saja dari pengalaman tetangga saya yang akhirnya memilih berhenti berlangganan MyRepublic di rumahnya. Usia MyRepublic memang baru 3 bulan di Indonesia tapi sebelumnya sudah ada dengan nama Innovate Indonesia, dan kurang lebih tetangga saya menggunakannya selama 6 bulan.

Untuk proses pemutusan MyRepublic sendiri tidaklah lama seperti di Plasa Telkom, tapi yang pasti harus datang sendiri ke kantor cabangnya di kota anda untuk mengajukannya. Nanti cuma diminta KTP atau bukti identitas, ini harus sesuai dengan data pelanggan lho. Kurang tahu bisa diwakilkan atau tidak. Nanti formulirnya akan diisikan oleh customer servicenya dan kita tinggal menandatangani saja.

Oh ya, kalau ada tunggakan tagihan harus diselesaikan juga baru benar – benar bisa ditutup akunnya. Ini termasuk kena denda Rp. 500.000 karena berhenti sebelum 1 tahun. Untuk alat – alatnya (modem dan Set Top Box) bisa anda bawa sekalian untuk dikembalikan, tapi tampaknya kalau lupa akan diambil sendiri oleh teknisinya.

Kenapa kok langganannya distop? Bukan karena ada masalah atau tidak puas kok, cuma karena orangnya sudah tua dan tidak ada yang menggunakan internetnya. Dulu dipakai oleh anak – anak kosnya, dan sekarang sudah berhenti mengekoskan. Jadi mubazir kalau dibiarkan saja katanya.

53 pemikiran pada “Cara berhenti berlangganan MyRepublic”

    • Iya si mas, dulu juga kata salesnya begitu πŸ™‚
      kalau ga dibayar2 tar juga diputusin, tapi ga enak hati & pengen urusan cepet kelar soalnya mau pindahan.
      Akhirnya saya datang ke kantornya langsung & cuma ditanya ID pelanggan terus bayar denda 500ribu + tagihan karena tagihan terlanjur dicetak πŸ™‚
      Pelajaran ni, harusnya kaya waktu berhenti firstmedia, mintanya pas tagihan belum dicetak.
      Tapi ini memang karena mendadak si mau pindahnya makanya ga ada rencana sebelumnya mau berhenti langganan.

    • Wah… ngajarin ga bener mas marketingnya. Haha. πŸ˜€ Memang kalau ga dibayar – bayar akan otomatis diputus tapi juga masuk ke blacklist mas.

      Setidaknya First Media tidak ada kontraknya kan mas? Jadi belum satu tahun pun bebas berhenti langganan, tidak didenda.

  1. Saya merasa ditipu oleh My Republic. Awal saya ambil yang 30 Mbps hanya membayar 149.000. Kenapa sekarang tagihannya menjadi 299.000? itu kan untuk speed 100 mbps. My Republic sudah menipu saya dan suami. Saya akan infokan ke yang lain agar jangan ambil my Republic.

    Balas
    • Eh iya mbak, kok mahal sekali. Kalau saya tebak ini dapat promo TV booster kah? Lebih baik diputus saja karena ini setelah 6 bulan bayar fitur tv kabelnya.

      Normalnya yang 30 Mbps itu 224ribu, saya pakai ini sekarang. Tapi bulan depan naik juga ke 250ribuan. πŸ˜₯

    • Saya juga tertipu mba. Sy di tawarkan film continous seumur hidup seharga 250rb bayar cash, tp jatuh tempo biaya bulanan malah naik jadi hampir 500rb. Harusnya sebelumnya 312rb (+ppn). Dah skrg biaya tagihan naik LAGI. Sekitar 10rban

    • Wew… kalau seumur hidup jelas ngawur salesnya mbak. Itu mbak dapat promo TV Booster selama 6 bulan, yang kalau tidak dikembalikan akan dianggap berlangganan dan ini tarifnya 180ribu kalau ga salah. Mending dicancel saja mbak tv kabelnya.

    • saya juga tertipu, awalnya dijanjikan hanya bayar Rp 300.100,- selama tiga bulan doang saya bayar segitu, eh tau – tau jdi Rp. 400.400,- padahal katanya, setelah 3 bulan kecepatan akan diturunkan, jd tagihan saya tdk akan lbh mahal. saya tergiur dong, ehh taunya zonk. koq marketing republic begitu yaa? nipu konsumennya. kan jadi bikin jelek myrepublic

    • Tahun 2017 ini memang untuk pelanggan lama naik 2 kali mbak tarifnya. πŸ˜₯ Ini share saja pengalaman pribadi, saya langganan paket yang termurah 30 Mbps Basic dan saya sudah masuk tahun kedua langganannya.

      1. Awal tahun dari 224ribu menjadi 254ribu karena ditambahkan ada biaya sewa ONT (modem).
      2. Bulan Juni kalau ga salah ditambahkan 30 ribu lagi + PPN jadinya 290.400. Ini dengan kecepatan sama. Dan alasannya karena penyetaraan tarif dengan pelanggan baru.

      Secara pribadi saya kecewa berat, dari yang terjangkau jadi relatif lebih mahal dari pesaingnya. Bandwidth besar – besar buat pengguna rumahan toh ga kepake maksimal dan konstan, bukan cafe atau warnet kita. 10Mbps itu sudah cukup.

      Ini kalau tarifnya digoyang lagi saya langsung berhenti dan minggat ke ISP lain pastinya.

  2. Halo sy mau share juga nih pengalaman pk myrepublic. Promo awal pkt fast 289rb bayar smpe habis promo bayaran beda lg, tp si sales awal bilang kurang lbh 300an. Ternyata skr sdh 2bln nelakangan sy kena tagihan 500rb krn biaya sewa router, tv channelnya dkk. Saya mau berenti aja kena penalti 1jt, bukan lg 500rb.

    Saya merasa ditipu aja oleh salesnya, krn skr jd mahal bayarnya. Apakah kalo gak bayar2, tagihan kita abaikan akan otomatis diputus selamanya?

    Balas
    • Trims sharenya mbak. Dan saya baru tahu kalau pinaltinya naik jadi 1 juta. πŸ˜₯ Istimewa.

      Ini salesnya jelas menjebak demi closing mbak. Karena tarif tv kabelnya itu cukup terasa. Mbak ga bilang ganti paket? Yang internet only saja kalau ga perlu tv kabelnya jadi bisa lebih hemat.

      Langsung diputus pas jatuh tempo + 7 hari kalau ga salah mbak.

  3. Mas saya mau tanya, saya kan dapat free layanan dari my republik sampai bulan 2 terus dismsnya katanya bulan 2 tanggal 21 jatuh tempo tapi saya tidak mau pakai my republik lagi, itu harus diberhentikan layanannya atau dibiar kan saja?

    Balas
    • Perhitungkan bias opini juga mas. Yang lapor pasti karena ada masalah, yang lancar ya diam – diam saja. πŸ™‚

      Paling akurat coba tanya tetangga atau teman yang pasang ada masalah tidak.

  4. waduh mau pasang jadi ragu, di checking area sih daerah saya belum terdaftar, tapi kantor cabangnya lumayan dekat dari rumah, bimbang jadinya,

    Balas
    • Jangan bimbang mas, masalah itu relatif memang. Walau saya cerita kekurangannya tapi saya masih pakai MyRepublic sampai saat ini.

  5. mas tanya,

    ini saya pelanggan myrep, saya mau pindah kos. mau migrasi kena biaya 300 an, akhirnya saya putuskan pasang baru aja karena lebih murah walau tarif lebih mahal ikutin yang baru.

    nah jaringan yang lama ini saya bingung mutusinnya, akhirnya kata sales udah biarin aja nanti juga putus sendiri kok. masalah denda atau blacklist itu formalitas aja katanya. yang diblacklist itu alamat rumah aja bukan nama pengguna. untuk perangkat modem router disuruh bawa nanti diserahkan ke kantor oleh si sales.

    bener gak sih mas ? ane kok masih ragu takut ada biaya2 gak jelas di kemudian hari. mohon respon cepat ya mas, soalnya tagihan baru udah dicetak tanggal 6 besok. jadi masih bisa diputus hari ini kalau memang gak yakin.

    thanks

    Balas
    • Ya ga sejelas itu mas. Di MyRepublic sistem blacklistnya ada 2 mas: Alamat dan KTP. Memang yang paling umum itu alamat karena KTP bisa miss (mungkin pinjam atau sebagainya). Sedangkan rumah kan kecil kemungkinan ganti penghuninya mas.

      Saran saya tutup saja mas, biar ga ada celah untuk jadi masalah.

      Dan kalau kos lama masih pakai nama masnya, ternyata dilanjut dan ga dibayar apa ga jadi masalah mas?

  6. Mas mau tanya,
    Saya kan pelanggan myrepublic dan saya baru berjalan 6 bulan , saya berlangganan yang 30mbps awalnya bayar 230rbuan lalu makin lama makin naik harga nya ,saya ingin putuskan internet nya tapi katanya kalau belum genap 1 tahun akan di Denta 1 jt , nah kata selesai nya pas awal Makai kan kalau kita terlambat bayar akan di denda dan kalau sampai 1 Minggu akan terputus sendiri,, kalau misalkan saya gak bayar sampe 1 Minggu lalu terputus apakah saya akan terus di tagih uang 1 juta nya?

    Balas
    • Dendanya 50ribu per bulan mas.

      Saya ga mengajarkan hal buruk ya mas, tapi selama ini tidak pernah tahu ada orang yang ditagih pinaltinya. Cuma mas kena blacklist saja, yang baru ada efeknya kalau mas mau makai MyRepublic lagi dengan identitas atau alamat yang sama. Entah kalau kedepannya bakal merembet ke produk/layanan Sinarmas lainnya.

  7. Yayayaya…
    Sya bru saja tlfn ke my republic
    Awal promo 199.
    Oke. 3bln naikkkk jadi 245
    Trs naik lain bln ke 6 sekitar 3**
    Bln ke 7 saya kena 4**
    Akhirnya saya putuskan mencabut tv cable nya ,
    Tapi ttp kna 345rb hanya untuk berlangganan internetnya ,,
    Yahh .. cs nya blg kena 1jt klo blm ada 1tahun ,
    +100rb kalau mw ambil modemnya dirumah , kalau diantarkan sendiri ke kantor cabang tidak pake 100rb

    Yah yah bingung saya mau pencabutan /dilanjutkan
    So , 345/bln cm internet saja menurut saya mahal ??

    Balas
  8. baca dulu sebelum pasang

    Terima kasih atas kepercayaan Bapak terhadap layanan MyRepublic.

    Menanggapi email yang Bapak Zul fikar sampaikan perihal permintaan berhenti berlangganan, dapat kami sampaikan untuk prosedur berhenti berlangganan adalah sebagai berikut :

    Tagihan Rp.0 terlebih dahulu,
    Pelanggan kurang dari 12 bulan/1 tahun dikenakan biaya pinalthy sebesar Rp.1.000.000 (belum termasuk pajak) dan
    Biaya penarikan perangkat Rp.100.000 (belum termasuk pajak)

    Kami informasikan pula mengenai perihal ketentuan tersebut telah MyRepublic informasikan pada website kami dengan link berikut : https://myrepublic.co.id/troubleshoot-faq/

    Demikian yang dapat kami sampaikan.

    Apabila terdapat hal lain yang ingin ditanyakan, Bapak Zul fikar dapat menghubungi kami kembali.

    Salam Hangat,

    Sawiji

    Customer Satisfaction Management Division

    MyRepublic | http://www.myrepublic.net

    Hotline : 1500 818 (Gunakan 021 untuk provider XL dan Smart)

    Balas
  9. saya sudah pakai my republic kira2 sekitar 3 bulan, nah kebetulan saya harus pindah rumah yg jaringannya belom tercover myrepublic, pas saya nanya2 ternyata kalo cabut dikenakan denda 1 juta karena belum satu tahun. sedangkan salesnya dlu tidak menginformasikan apa2 kepada saya. Orang tua saya juga keberatan harus membayar denda segitu besar, enaknya gimana ya mas ? makasihhh

    Balas
    • Hmm.. kalau dibiarkan saja, maksudnya mas tidak melanjutkan bayar billingnya. Nanti diblacklist oleh MyRepublic. Sudah. Itu saja.

  10. mau nanya mas….sy skr pake firstmedia skr, mau coba myrep, tp kok jd ragu ya? ada penalty segala?

    kalau saya mau coba myrep apa benar ada denda 1jt kalau berhenti sblm 1 th? apa semua paket langganan myrep ada denda nya kalau berhenti sblm 1 th?

    kalau saya ternyata mau putus brarti saya masuk blacklist myrep? dan beneran ada debt kolektor nagih2 ke rmh gak ya? heheh….

    Balas
  11. misi saya pengen masang firstmedia nih kira” ada dendanya gk kalo saya berhenti berlangganan kurang dari 1 tahun ?lokasi saya dijakarta soalnya gktinggal netap di sini cmn ada urusan pekerjaan aja,mohon bantuannya para admin dan teman”

    Balas
  12. Sya udh 9bln langganan myrepublik,sya pndh rmh tp tmpt bru blm trcover,salesnya nyaranin sya do hold dlu krna blm 1 thn kena pinalti 1jt.sya bingung routernya sya bw apa sya titip dtmpt yg lama ya?nnti brmslh ga klo sya cabut modemnya.tlg bantu jwb ya…makasih

    Balas
    • Ini memang di tempat baru sudah pasti akan ada myrepublic mbak? Coba ke kantornya bilang ini pindah rumah, apa bisa diputuskan lebih awal.

  13. Saya sudah 8bln langganan my republic, saya mau pindah rmh tp tmpt bru tapi blm tercover (padahal kalau tercover saya ttp mau lanjutin). Trus saya telp customer service nya dan dia bilang blm 1 thn kena pinalti 1jt + 100rb untuk biaya penarikan (exclude PPN). Saya bingung routernya saya bawa ato saya titip ditmpt yg lama ato saya kirim via tiki/jne ke kantor my republic ya? Terus terang saya keberatan atas pinalti tersebut. Soalnya di awal saya tidak di beritahu tentang ada nya pinalti tersebut…makasih

    Balas
    • kabur aja mas….gak usah di bayar 1 jt + 100rb nya…..router nya bawa….heheheh….ISP kan masih banyak….kalo cm blacklist di mr doang gak ngaruh…lagian isp mr banyak masalah….

    • Dari pengalaman memang tidak diberitahukan sales kalau tidak tanya mas.

      Jangan dikirimkan mas, lebih baik diberikan langsung atau ditinggalkan di tempat lama.

      Pinaltinya naik dari 500 ribu ke 1 juta tahun ini.

  14. aku mau berenti myrep tapi belum satu tahun bagaimana yaa,? jaringan suka putus gk jelas terus bayar nya mahal bgt πŸ™
    skrg ku bayar 550ribu tiap bulan

    Balas
  15. Ternyata mmg mr itu ga sesuai dgn perjanjian wktu pertama kita pasang..sy pun ga ada pemberitahuan klau ada kenaikan pinalty sharus’y mr info donk k pelanggan spy kita bisa tau perjanjian yg baru..
    Sy pun mau pindah rmh & sy bil k cs mau pindah rmh & trnyta wil blm trcover oleh mr jd d kenakan biaya pinalty..
    Nah ..terakhir sy bicara dgn cs..dia bil bisa d usahakan utk tdk d kenakan biaya pinalty krn sy sdh msk k bln 11 & d suruh utk mencabut router nti biar d ambil sm sales..tp ttp aja d tagih utk pmbayaran yg k 12..
    Ya skr sy diemin aja..pgn tau mrk mau ngoceh apa lg..
    Pokoke mr bnr” mengecewakn..saran sy jgn pake mr dech

    Balas
  16. setalh baca artikel ini , ternyata memang benar seperti itu, dan ternyata sudah lama jg hal seperti itu ya . saya baca artikel ini dari yang th 2016 – 2018 permasalahannya sama. Begitupula seperti yang saya alamin sekarang ini.
    Promo menggiurkan tidak didukung dengan kualitas yang baik. Konksi cenderung tidak stabil , kualitas jaringan tidak baik.
    Pedahal saya baru pakai 1 Bulan , langsung kecewa. pas mau putus taunya ada biaya Pinalty 1jt +100 utk petugas yg ambil perangkat.
    Memang sebelumnya oleh sales nya tidak di informasikan terkait pinalty dibawah 1 th, dan terus terang sy keberatan.
    sudah 2x jg sy laporan utk perbaikan kualitas jaringan, hasilnya masih sama . merasa tertipu sy dengan MR, sudah jatuh tertimpa tangga.
    Ya mungkin saya akan menggunakan cara yang sama. Lebih baik di BL (BlackList) dr pada sy bayar kualitas yang buruk, masih bnyk provider lain .

    Balas
  17. Saya juga berlangganan MR yg paket 8 free 4, bulan ini masuk 1thn dan masa kontrak habis. kalau saya mau putus masih dikenakan pinalty atau tdk ya? krn informasi yg saya dapat dri CS berbeda2… Mohon pencerahannya

    Balas
    • Pastikan saja setelah bulan ke12 baru minta berhenti. Tapi jangan sampai pengajuannya setelah ikut masa billing berikutnya.

  18. tlg tanya mas.
    Saya baru diinfo CS MyRep ada kenaikan di billing bln mei dari 198000 ke 289000 dan dia menawarkan potongan menjadi 259.000. Masalahnya, langganan saya msh sd Juni. berarti, saya bayar kelebihan 60000 di bulan Mei dan Juni.
    Kan berarti saya dirugikan?
    Pun, pemberitahuan ini mendadak di akhir April, billng muncul tgl 9.
    Kalau saya berhenti pas setahun, berarti saya bakal tetep ditagih 289000 utk 2 bln terakhir gak ya>

    Balas
  19. Saya berlangganan MyR dari bln Juli lalu (stlh ditipu CSnya utk trial tapi ternyata zonk dan saya hrs bayar).
    Saya dihubungi CS bhw billing per mei naik ari 198000 ke 298000 dan dia menawarkan diskon 259000.
    Anehnya, langganan sy berakhir Juni, tp bln Mei saya harus byr kelebihan 60000 (kl saya terima tawaran itu, atau 100.000 kl saya tolak.)
    saya pikir kok saya dirugikan ya? CSnya bilang “Saya hanya menginformasikan” πŸ™
    Kl saya berhenti llangganan, berarti sy tetep byr 298000 selama 2 bln ya? Terus gmn caranya?
    Mohon infonya

    Balas
  20. Saya mau berhenti langganan my republik karna harga naik trs pdhal sy langganan sdh 3 thn
    Tp sy coba hub custumer service gak ada yg merespon tlp sy bagaimna tuh
    Tolong jawab ya cepat

    Balas

Tulis komentar...