Cara berhenti berlangganan Telkom Speedy/IndiHome

Jadi ceritanya saya sudah mengganti provider internet saya dari Telkom Speedy (sekarang IndiHome) menjadi Innovate Indonesia, dan sudah saya bahas mengenai apa pertimbangan saya sebelumnya. Tentu saja karena saya sudah memasang layanan Innovate di rumah setelahnya adalah mencabut akses Speedy supaya tagihannya tidak berjalan terus. Masa mau bayar terus tapi tidak pernah dipakai? 😀

Yang saya tuliskan ini adalah pengalaman saya untuk berhenti berlangganan Telkom Speedy di kota Malang, misal lokasi anda berbeda mungkin bisa berlainan persyaratannya.
telkom-speedy
Nah… untuk memutus sambungan Speedy yang masih aktif kita tidak bisa melakukan melalui telepon ke customer service Telkom di 147, melainkan harus datang ke Plasa Telkom. Ya ini disebabkan karena ada beberapa hal yang harus diselesaikan sendiri oleh pemilik akun Telkom Speedynya.

Apa saja yang dibutuhkan untuk mencabut akses Speedy? Aslinya yang dibutuhkan cuma: KTP dari pemiliknya dan tentu saja nomor pelanggan Telkom Speedy. Kalau bukan anda sendiri pelanggannya maka bisa diwakilkan, dari pengalaman teman bisa dengan menitipkan KTP atau fotokopinya.

Setelah itu anda tinggal diam duduk manis menunggu customer servicenya mengisikan berbagai macam formulir pembatalan. Nah… kalau ada billing yang masih belum terbayar maka anda harus melunasinya agar bisa dilanjutkan prosesnya, ada biaya administrasinya juga sih. Siapkan saja uang sebesar 2 kali besar tagihan anda setiap bulan, dijamin ada kembaliannya kecuali anda menunggak beberapa bulan.

Terus terang proses menghentikan langgan Speedy atau IndiHome ini tidak berbelit – belit, dan persyaratannya pun mudah cukup kartu identitas asli dan uang untuk melunasi tagihan. Yang bikin frustasi cuma proses mengantrinya, saya menunggu hampir 2 jam baru nomor antrian saya dipanggil. Untung cuma perlu dilakukan sekali dan tidak ada yang kurang, kalau tidak jelas membuang waktu jika perlu diulangi lagi.

158 pemikiran pada “Cara berhenti berlangganan Telkom Speedy/IndiHome”

  1. itulah perusahaan publik yang gak mau rugi …… yang benar abaikan saja gak usah dibayar. karena masih banyak provider yang bisa kita pilih.

    • Betul mas, bisa diabaikan. Tapi daripada jadi masalah lebih baik ditutup saja.

      Saya dapat share dari kenalan kalau sekarang akan didatangi petugas telkom menanyakan penunggakan tagihan.

    • Mas cerita nya seperti ini,saya bulan juni kemarin mudik dan lupa gak bayar,dan otomatis tgl 23juni di matikan oleh indihome internet nya,dan setelah saya pulang tgl 1 Agustus,berniat bayar tapi ternyata harus bayar juni-juli,padahal juli gak ada koneksi dan sudah di putus, akhirnya saya males bayar,dan setelah sekarang bulan September,atau 4bulan,apa saya juga harus bayar 4bulan?padahal koneksi sudah diputus dari 23april,kan gila tuh

    • Ya ga gimana – gimana mas. Nanti akan diputus otomatis.

      Yang jadi masalah misal kedepannya mas mau pakai lagi maka harus bayar tunggakan dan dendanya.

      Makanya saya sarankan untuk berhenti secara resmi saja biar ga ada tanggungan. Kalau bisa sih.

  2. Punten mas saya mau tanya. Saya sudah hampir 2 tahun spedy dirumah saya ga saya pake apakah akan ada tagihan kerumah saya?
    Atau memang udah di putus otomatis?

  3. Gan mau tanya , bulan ini kan sy udah bayar tahihan tgl 11 januari , dan tgl 12 nya udah di copot tuh ruter nya dan udah gk di pake sampe skrg
    Nanti rencana hari senin tgl 29 sy baru mau ke telkom buat mutusin wifi sekalian balikin ruter nya
    Kira2 nanti sy masih dikenakan tagihan gk ya ? Tks

  4. mas saya kan udh ga bayar tagihan 3 bulan (jan-maret) nah rencananya kan mau diputus aja..syarat nya apa harus bayar tagihan yg 3bulan itu dlu bru bsa diputus atau gmn?

    • Setelah baca komen, bnyak yg ga bayar tagihan sengaja biar di putus. Trus ada yg dapet surat tagihan segala, nah trus kelanjutannya gimana tuh mas? Apakah ada yg dateng ke rumah kita atau gimana mas?
      Mohon di jawab mas please bgt

  5. saya juga udah 2 bulan gak bayar, rencana mau diputus aja. tapi gak ada buat bayarnya.
    apakalah kalau saya diamkan aja akan diputus secara otomatis?..
    atau nanti billing terus berlanjut dan harus tetap dibayar?…

  6. Halo mas saya kan sudah 2 bulan gx bayar tapi di handphone masih ada tagihan berjalan selama 2 bulan total 620.000, padahal internet sudah terisolir dan tidak bisa dipakai, apa kalau saya biarkan nanti bakal membengkak tagihannya. atau ada pihak telkom yang datang ke rumah kita.

    • Ajukan pemutusan mas. Itu maksimal mestinya 3 bulan + denda sampai dilunasi.

      Selama ini belum tahu saya apakah ada debt collector datang, yang pasti saat berurusan apapun dengan Telkom akan diminta membayar tunggakannya.

    • Mas saya mau tanya,kan saya udah 2 bulan tuh kg pake tu WiFi saya cabut aja tuh,gk saya bilang berhenti langganan ke 147, tapi udah gk ada koneksi nya mas,dan tapi saya malah dapat surat tagihan tuh 2 bulan.apa yg harus yg lakuin mas???

  7. mas mau tanya nih .. saya baru pasang indihome yang 3P. tapi yang saya pakai di rumah cuma internet nya aja. untuk telpon dan tv kabel nya gak kepake . krn saya di rumah gak pake telpon rumah dan gak pake tv juga (tv rusak sebelum pasang indihome)
    jadi mas .apa untuk tagihan nya saya juga harus bayar tagihan tlp dan tv nya ? saya pernah tanya untuk urusan langganan tlp itu mereka blg gapapa karena setiap bulan dpt gratis 1000 menit tlp untuk selama nya . dan bagaimana dgn langganan tv kabel nya ? saya gak berani tanya karena ada ibu saya . (saya rusakin tv tanpa sepengetahuan org rumah)
    mohon balasan nya mas . saya takut nti bayar lebih dari 330k. karena biaya perbulan yg di tawarkan mereka adalah 330k/bulan

    • Iya itu sudah satu paket bundling mbak.

      Saran saya kalau mau sedikit lebih hemat, cek apakah ada yang 2P atau 1P. Sedikit lebih murah. Kemudian ajukan penggantian paketnya, nanti alat – alatnya akan diminta dikembalikan ke plasa telkom.

  8. mas saya mau tanya, wifi dirmh saya dh dri bln des-apr ini blom dibayar karna ditinggal mudik, koneksi terputus mulai dri bulan des akhir. saya maunya diputus aj, tapi gamau byr bulanannya, karna dri bulan des akhir koneksi sudah terputus , jd klu saya lapor ke kantorny saya hrus byr denda? atau harus bayar denda dan bulanan yg nunggak? klu saya biarin apakah tunggakan trs berjalan?

  9. Mas saya kan udh ga pake WiFi tu2 bulan,saya diemin aja tuh gk saya bilang ke147 putus langganan,dan koneksi nya pun udah ga ada,tapi tadi saya dpt surat tagihan.gimana ni mas apa yg harus saya lakukan.tolong jawab please

Tinggalkan Balasan ke Ade Batalkan balasan