Cara cek IMEI di Android

IMEI (International Mobile Station Equipment Identity) adalah kode unik yang terdapat pada setiap perangkat mobile. Jadi handphone atau tablet anda akan memilikinya dan ini bisa digunakan untuk melacak atau memblokir perangkatnya. Karena begitu penting perannya kita harus mengeceknya pada saat membeli handphone Android misalnya untuk mencegah membeli barang curian atau black market yang nomor IMEInya tidak sesuai dengan di dus.

Walaupun sebenarnya kita bisa menekan kombinasi angka *#06# pada seluruh jenis handphone tapi di Android ada cara alternatifnya, cocok bagi yang sudah lupa atau tidak menghapal kode cek IMEI. Jadi silahkan akses Settings (Pengaturan/Setelah) kemudian geser kebawah hingga menemukan System dan tap pada About (Mengenai/Tentang).

zenfone-5-android-settings-system

Selanjutnya tap lagi pada Status.
zenfone-5-android-about

Nah… disinilah anda bisa mendapatkan informasi mengenai handphone anda, salah satunya ya IMEI ini. Informasi mengenai IP address dan WiFi MAC address juga dimunculkan disini.
zenfone-5-android-status-ip-address

Disini saya mencobanya di Lenovo A369i dengan Android 4.2.2 Jelly Bean juga ASUS Zenfone 5 dan Andromax C3, keduanya menggunakan Android 4.4.2 Kitkat. Kalau versi anda berbeda dan tidak menemukannya sebaiknya menggunakan cara universal diatas.

Tulis komentar...