Cara cek MX record dari domain

Anda sudah mensetting email hosting untuk komunikasi email menggunakan nama domain anda? Bila lancar semestinya akan segera dikenali dan berfungsi. Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab email dengan custom domain mengalami masalah, tapi untuk diagnosa awal ada baiknya kita menggunakan layanan online untuk melakukan pengecekan.
Seperti yang kita ketahui bahwa untuk menggunakan email dengan nama domain sendiri selain kita membutuhkan email hosting juga mengisikan DNS record bertipe MX. Semestinya anda mengikuti panduan setting email hosting dengan custom domain persis maka tidak akan ada masalah. Tapi bila iya, maka anda bisa melakukan validasi dengan memakai cara berikut.
Kita akan memanfaatkan MX Lookup dari situs MX Toolbox, yang kita lakukan hanyalah mengisikan nama domain yang ingin dicek tadi.
mxtoolbox-mx-lookup
Hasilnya akan berisi daftar MX record yang tercatat di DNS server, mulai dari siapa penyedianya (saya menggunakan Zoho Mail), alamat IP dari email servernya, berapa lama record tersebut disimpan dan diupdate, dan tentu saja apakah terkena blacklist.

Dari sini kita bisa melacak misalkan ada masalah yang menyebabkan kita tidak bisa menerima atau mengirimkan email.

Tulis komentar...