Cara cek nomor resi USPS

USPS (United States Postal Service) adalah perusahaan jasa pos dan ekspedisi di Amerika Serikat, sepadan dengan Pos Indonesia di negara kita. Apabila anda membeli barang dari Amerika biasanya yang paling murah tarifnya adalah pengiriman paket menggunakan jasa USPS dan terkadang malah gratis. Tentu setelah membayar harga barang dan ongkos kirimnya kita anda mendapatkan sebuah nomor resi yang bisa dipakai untuk melacaknya.

Berbeda dengan pengiriman paket domestik yang setidaknya kita bisa komplain langsung ke jasa ekspedisinya, kalau pengiriman paket internasional selain bisa memakan waktu yang cukup lama juga hambatannya di negara transit dan bea cukai cukup sering terjadi. Karena itulah fitur cek dan pelacakan keadaan paket dengan menggunakan kode (nomor resi istilah umumnya di Indonesia) yang diberikan USPS untuk setiap pengiriman merupakan hal yang sangat penting.

Anda bisa mengecek nomor resi yang diberikan pada halaman USPS Tracking, akan ada kotak dengan judul “Tracking (or receipt) number”, isikan dengan nomornya dan klik tombol Find.

Setelah itu anda akan dialihkan ke halaman Product & Tracking Information. Disini anda bisa melihat jenis layanan USPS yang dipakai untuk mengirimkan paket, dimana lokasinya sekarang, apa saja yang terjadi pada paket anda, kapan terjadinya, kode juga status dari paket anda.


Pada setiap status terbaru akan ada keterangan untuk menjelaskannya, dan ini adalah contoh isinya:

Your item arrived at our USPS facility in JAMAICA, NY 11430 on August 16, 2014 at 1:30 pm. The item is currently in transit to the destination. Information, if available, is updated periodically throughout the day. Please check again later.

Jadi kita tidak perlu bingung memahami arti kode atau status yang dipakai. Dan ternyata paket saya sedang transit (IN-TRANSIT) statusnya dan terakhir per tanggal 16 Agustus berada di JAMAICA, NY 11430. Wah… sudah satu bulan belum ada updatenya. Semoga tidak terjadi apa – apa.

Semestinya setelah sampai di Indonesia kita bisa melacaknya melalui sistem tracking milik Pos Indonesia.


Update 18 maret 2016 2 Februari 2017

Jadi ada beberapa pengunjung yang melaporkan kiriman USPS mereka lama sekali, memang benar kadang bisa terjadi seperti itu. Kenala saya 3 bulan baru sampai di rumah, sampai sudah pasrah hilang barangnya. Dari laporan salah satu pengunjung disini malah ada yang bisa 7 bulan.

Dari penelusuran saya ini disebabkan jenis kiriman yang digunakan adalah yang paling murah dan nomor resinya diawali huruf L. Ini kalau sudah keluar dari Amerika Serikat tidak bisa dilacak lagi.

Tapi masih ada harapan bahwa paketnya telah ada di Indonesia dalam waktu 1 bulan, cuma belum diproses saja. Kali ini terimakasih atas sharenya mbak Rea untuk kasus yang sama dan ada solusi yang bisa dicoba:

hai mas Chandra, saya pernah tanya soal perbedaan untuk kode pengiriman LC, LK dan LJ..
Saya mau berbagi info aja ini untuk semua pengiriman kode tersebut..

Tanggal 10 Desember paket saya dikirimkan dari Montgomery US dengan kode LC
Dan Status terakhir saya pertanggal 13 Desember adalah Transit di Miami..
dan sampai setelah itu tidak dapat status terbaru.

Memang agak susah untuk bisa track ketiga kode tersebut, yang bisa saya sarankan untuk kasus seperti ini adalah min 3 minggu dr barang dikirim coba kalian bisa datangi kantor pos indonesia pusat jika di jakarta kalian bisa ke lapangan banteng dengan membawa foto copy KTP penerima kiriman/Paket. Kalian bisa tanya di loket serah kiriman dengan menujukan identitas tersebut, apakah untuk kiriman paket dengan nama penerima tersebut sudah datang. Karena Kode tersebut bukanlah kode pengiriman yang valid untuk di Indo hanya valid di negara asal. dan di Indo kode tersebut dinamakan CN22 ( Custom Declaration ) jdi bukan kode pengiriman.

Karena saya coba melakukan cara tersebut, dan ternyata cukup membantu, bahwa barang saya sudah sampai per tanggal 31 desember.. Saya tinggal membayar kewajiban biaya impor saya, karena nilai barang saya dia atas $50. Setelah itu barang sudah bisa saya bawa pulang. Sebelumnya saya cek kembali untuk kondisi barang saya.

Alhamdulillah dengan begitu paket bsa saya terima tidak sampai 1 bulan. Karena memang sebenarnya, walaupun kita tidak bisa track paket tersebut ternyata paket kita sdh sampai di Indo dalam waktu 2 minggu.. Kalau bisa saya sikapi kenapa bisa lama, mnrt saya kinerja di Pos Indonesianya yang kurang bagus dan kurang kompeten..

Semoga Trick saya bisa berguna buat kalian semua ya..

Thank You

Dari sini: http://utekno.com/cara-cek-nomor-resi-usps-8203/comment-page-1#comment-24437

Tambahan share pengalaman dari mas Aris. Terimakasih mas buat tambahan informasinya.

Dear mas chandra,
Mau sedikit sharing pngalaman kemarin setelah mengikuti saran dan pengalaman mba rea jg.. dan mungkin buat temen2 yg lain (domisili jakarta terutama) untuk yg pake usps first class memang tdk bisa di tracking stlah kluar usa. Jd stelah paling gak sbulan blm terima, mnding kita langsung datengin kantor pos pusat (lapangan banteng) dtg aja ke gedung F (pos international) nnti disitu ada loket pengambilan barang. Minta tlg aja sm mbak/mas disitu untuk liatin posisi barangnya, kasi aja nmr resi-nya, dia jg sdh paham mana yg bisa di tracking dan yg gak bisa. Jd krn tdk bisa ditracking online, kndalanya adl kita harus cari datanya manual di tumpukan kertas manifest yg ada dimeja. Biar lbh cpt kita bantu cari sendiri saja, krn pasiennya jg bkn cm kita. Stelah ketemu nnti tinggal dicatat nmr bungkusan-nya. Krn bgitu smpe indonesia kan dibungkus ulang. Dr nmr bungkusan ini kita naik ke lt.3 di bea cukai, untuk minta invoice pajaknya. Stlh dpt prhitungannya, turun lagi ke gedung F untuk bayar pajaknya, loketnya di sebelah pengambilan barang. Stlah slesai bayar, buktinya tinggal kita kasi ke loket pengambilan barang, terima, selesai dan pulang. Saran saya mnding dateng pagi, krn operasional loket pembayaran dan pengambilan barang buka dr jam 08.00 ? 14.00 saja.
Semoga membantu.

Dari sini: https://utekno.com/cara-cek-nomor-resi-usps-8203/comment-page-3#comment-68940

561 pemikiran pada “Cara cek nomor resi USPS”

    • Halo Kuwat, wah… saya sendiri ga tahu semuanya mas. Seingat saya CJ ya yang biasa saja. Yang paling saya ingat itu E untuk yang tercepat dan R untuk tercatat.

  1. Permisi agan dan aganwati, tanyan dong. Ane kan pake jasa USPS nih tp menurut hasil tracking nya, paket ane masih di Fasilitas USPS Chicago dan itu sejak tanggal 8 Juli sampe ane buat comment ini status masih In-transit. Kira-kira apa yg bs ane lakukan y untuk mempercepat proses nya? Terus terang sih, ane pilih International Priority Mail Service tp kok masih ada penundaan, y sedikit bingung jg. Apa ada yg salah di paket ane, at ada syarat dan ketentuan yg harus ane lakukan supaya “jalan” lg paket ane. Btw ini kode tracking paket ane di USPS ( LN806646531US ). Mohon pencerahan nya. Terima kasih

    Balas
  2. Halo Pak Chandra Utama, saya berterimakasih sebelumnya atas response yang cepat ketika ada orang yang bertanya di page ini 🙂 (atas nama semua org yg sdh posting sebelumnya meski sy ga kenal mereka hehe) Pertanyaan saya adalah.. saya baru akan memulai usaha kirim produk kecil2xan keluar negeri (berat antara 0.5-1kg) menggunakan USPS, posisi saya di Malang, berarti saya kirimnya ke kantor pos Malang gitu ya ? Lalu apakah biaya pengiriman dari kota Malang ke US berbeda dg dari kota Denpasar ke US ? Itu saja, jika ada tips2x yang mau diberikan saya siap mendengar 😀 makasih sebelumnya.

    Balas
  3. Mohon help….sy dapat kiriman dr US paket tas dg USPS tracking LK004384615US…sejak tgl 6 juni 2016.
    Sampai saat ini belum saya terima.
    Apakah bisa membantu saya….?
    Terima kasih

    Balas
  4. Permisi mau nanya, kebetulan kiriman saya dari bulan Maret sampai sekarang belum ada tanda-tanda mengenai barang saya. Kebetulan paket saya dengan kode LJ juga which is ga bisa dilacak, saya sudah coba berbagai usaha dari menanyakan pihak kantor pos sampai dengan menghubungi pihak seller di Amerika tempat saya membeli. Saat di kantor pos Internasional saya diberikan puluhan lembar kertas yang harus saya cari sendiri kode paket saya, dan hasilnya nihil saya tidak menemukan kode tracking saya sama sekali. Lalu saya menghubungi pihak seller dan mereka sangat tidak membantu, hanya mengatakan bahwa saya harus menanyakan pihak usps terkait hal ini. Tentu sebelum bertanya pada seller saya mencoba untuk menghubungi usps, namun di website tidak di fasilitasi customer service email untuk kiriman internasional. Karena pihak seller yang lepas tangan, dan customer service usps yang tidak jelas, tentu saya bingung apa langkah selanjutnya yang harus saya lakukan? Terima kasih sebelumnya

    Balas
    • Halo Faishal, terus terang dari pengalaman sangat terbatas mas. Bisa jadi memang barangnya belum masuk ke Indonesia jadi pas nyisir nomor resinya belum ketemu. Setahu saya jenis terlama ini kirimnya lewat laut dan kadang transit.

  5. Mas Chandra, mau nanya mungkin ada infonya, kenapa hanya USPS yang ga bisa di tracking yah setelah keluar dari negara asal, khususnya yang tracking number berawal L.. sedangkan untuk pengiriman dari negara2 lain walaupun biaya kirimnya jauh lebih murah dari USPS berawal L, tetap bisa kita tracking di http://ems.posindonesia.co.id … Bener2 ga jelas nih.. saya punya beberapa barang dikirim bulan lalu semua kode nya berawal L 🙁

    Balas
  6. Mas mau nanya nih, kan dulu saya sempet beli sepatu dan kaos dari USA, value lebih dari >50 usd via DHL, dan saya tidak dikenakan pajak (alhamdulillah) itu kenapa ya? padahal jelas invoice tertera value barang tertera, apakah sepatu dan kaos adalah barang yang tidak terkena pajak?
    nah sekarang saya sedang menunggu barang yg saya beli dari salem (MA) yaitu kain kevlar (100ft roll) via usps priority mail dg value >50usd, kira2 akankah terkena pajak? serta apakah ada servis dari usps yang sudah include pajak/custom bersama ongkir?
    terimakasih

    Balas
    • Halo Grhamuda, tergantung nilai barangnya mas. Dihitung per item mas.

      Tapi kalau urusan sama bea cukai kadang memang misteri, saya ga berani jamin apa – apa mas soal perhitungan pajaknya.

  7. Hai Mas…. boleh tanya. Saya hari Sabtu kemarin tanggal 27 Agustus 2016 ada kirim ke Kentucky, USA via EMS dengan nomor resi EE184687938ID.
    Sampai hari ini saya tracking statusnya kok gak maju2 dari Departure dari Soekarno Hatta JKT ya Mas? Apa normalkah begini?
    Kira2 berapa lama lagi ya Mas paket saya ini bisa sampai di USA? terima kasih sebelumnya….

    Balas
  8. Halo mas, aku mau kirim barang pakai ems dr miami bs kmn ya ya? Apa usps itu bs melayani jasa ems juga? Bingung aku mau kirim barang ke indo pakai ems tp gatau gmn cr kantornya ems di miami atau mungkin di tampa kalau ada bs kasih info dong. Bs gak pake ems lewat kantor usps mas?

    Balas
  9. Hallo pak…ini sy belanja dr US,pas sy check via UPS…kenapa barang saya lg proses Custom Clearence di Korea yah?? Bknnya harusnya di indo baru custom clearence yah?.trims

    Balas
    • Halo Gunawan, boleh tahu resinya? Ini UPS atau USPS mas? Mestinya memang di negara tujuan. Kecuali kargonya ikut diturunkan jadi memang diperiksa negara transit. Ini setahu saya sistemnya seperti itu.

    • Usps mas…international priority…no resi
      Cj453231418us…barusan sy telpon ke post korea,sampai hari ini msh custom clearance di korea,takutnya barangnya snyasar ke korea lg

    • Org korea’nya jg ga bisa inggris katanya,dia cm mnt track number,trs dia blg udh tiba di korea,sy bilang itu harusnya ke indonesia,dia jwb no..to korea…ga ada buyer protection…waduhh gmn itu yahh..masa busa nyasar yahh,jelas ditulis shipping address ke indo…ay udh 3x usps,baru ini bermasalah..apa mgkn nt dikirim balik lg ke seller?

    • Gak kok…klo dr email yg diterima,dia pakai jasa stamps.com…itu shipping address jelas ke jakarta,indonesia…dan sy track di ktr pos emng ada no resi itu tujuan ke indo…haduhh…gmn itu yah?klo seandainya di korea kan hrsnya mrk bisa baca yahh tujuannya

  10. Sorry min. Mau tanya klo pake usps dengan huruf resi LJ cara cek manual di kantor pos pusat jakarta bagian dmn ya ? Saya punya paket udh hampir 4 minggu tp blm ada konfirmasi. Tracking numbernya LJ910778871US

    Balas

Tulis komentar...