Cara cek ongkos kirim dari Pakistan

Pernah mendapatkan pertanyaan bagaimana mendapatkan ongkos kirim apabila barangnya berasal dari Pakistan. Karena sifatnya internasional pengirimannya jadi kemungkinan besar pakai EMS (Express Mail Service) yang akan dikelola kantor pos nasionalnya. Cukup mudah jadinya.

Uniknya di website Pos Pakistan ini ada sistem pengecekan tarif kirim EMS, pertama adalah dengan menggunakan sistem tabel disini: http://ep.gov.pk/tariff/isp_tariff.asp. Cara bacanya adalah kolom pertama adalah biaya sampai 500gram pertama, kolom berikutnya adalah berapa tarifnya setiap naik 500gram. Pakai mata uang Rupee Pakistan (PKR) tentunya. Belum termasuk PPN (disebut GST: Good and Services Tax).

Cara kedua adalah dengan memanfaatkan kalkulator disini: http://ep.gov.pk/Calculate_Postage/isp_calculated_postage.asp dan langsung saja isikan berapa gram estimasi berat kirimannya. Kemudian kemana tujuannya. Asumsi kita kirim 1kg ke Indonesia malah lebih murah disini, selisih 100-200an PKR.

Sayangnya tidak ada informasi lebih jauh apa bedanya ongkir metode 1 dan 2, sedangkan di Indonesia sendiri EMS itu ada beberapa macam tergantung harga dan kecepatan kirimnya.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...