Cara cek resi Sri Lanka Post

Ada salah satu pengunjung yang menanyakan paket EMSnya dari negara Sri Lanka, walau sudah sampai di Indonesia tapi saya ingin memastikan apakah dari sananya tidak ada masalah. Walau proses pengecekan resi itu sebenarnya hal yang mudah ternyata itu Pos Sri Lanka bisa menjadi sulit karena sistemnya. 🙁

Kalau anda kesulitan mengecek pengiriman paket luar negeri anda dari dan atau ke Sri Lanka maka bisa mengikuti panduan ini. Silahkan anda akses situs resmi Sri Lanka Post, saya yakin anda tidak bisa langsung menemukan dimana tempat tracking paketnya. Ternyata di bagian kiri tengah ada menu Track your Foreign Article, silahkan diklik. Saya berikan langsung linknya biar anda tidak kesulitan.

Nah… pada halaman pelacakan paket internasional ini ternyata masih ada keunikannya yaitu anda harus mengisikan username dan password untuk menggunakannya. Silahkan isikan dengan slpost dan slpost atau slpostems dan slpostems untuk keduanya, pilih salah satu saja dan klik Login.
sri-lanka-post-login-id-enquiry

Dan anda akan disambut oleh halaman yang hampir kosong, tidak ada keterangan lebih lanjut bagaimana cara memakainya. Setelah saya sempat bingung sesaat ternyata anda harus mengklik ID Enquiry di link bagian kiri agak bawah. 🙁 Setelahnya bisa langsung anda isikan kode tracking dari barangnya.
sri-lanka-post-id-enquiry

Kalau berhasil akan muncul data mengenai paket anda dalam bentuk tabel.

sri-lanka-post-id-enquiry-results

Anda bisa melihat detail paketnya, dan tahap – tahap dalam proses pengirimannya selama di Sri Lanka lengkap dengan apa yang terjadi, kapan waktunya dan dimana lokasinya.

Oh ya, misal muncul pesan “* Your session was closed. This can occur if someone logs into IPS Light with the same credentials you are using.” dalam warna merah maka berarti ada orang lain yang menggunakan username tersebut dan tidak bisa dipakai bersamaan. Jadi anda harus login kembali dan mengulangi lagi dari awal. Ini yang membuat frustasi dalam proses pelacakan paket di Pos Sri Lanka. Masa harus rebutan dan bergantian. Karena itu diawal pembahasan saya katakan memang unik sistemnya.

Semoga bermanfaat.

Tulis komentar...