Cara cek status pesanan Blibli

Ceritanya saya mencoba membeli handphone di Blibli.com hari Sabtu kemarin dan sampai sekarang masih menunggu nomor resi dan pengiriman barangnya ke rumah. Kalau anda sedang mengalami hal yang serupa dan ingin tahu bagaimana nasib barangnya setelah membayar ordernya maka sebenarnya kita bisa mengetahuinya melalui halaman pengecekan status pesanan pada setiap akun pelanggan Blibli.

Secara singkat setelah anda melunasi tagihan dari Blibli dengan metode pembayaran yang anda tentukan sendiri maka proses konfirmasi pembayarannya adalah otomatis dan sebagai pelanggan tidak perlu melakukan apa – apa kecuali menunggu. Kalau anda menggunakan transfer Bank maka baru akan dikonfirmasi keesokan harinya, jadi kalau ada membayar senin maka baru akan dikabari selasa. Harap anda ingat hal ini.

Pada awalnya saya sempat kebingungan mencari informasi mengenai nasib pesanan saya setelah dibayar dan ternyata ada menunya dibagian atas website Blibli.com. Jadi sebelumnya silahkan login dulu ke akun Blibli anda dan kunjungi halaman Cek Status Pesanan.

blibli-daftar-pesanan

Didalam halaman Pesanan Saya akan muncul daftar pesanan yang dibagi menjadi beberapa jenis: sedang aktif (Pesanan Terbaru), order yang pernah anda lakukan (Pesanan Sebelumnya), dan pembatalan (Pesanan Dibatalkan). Dalam hal ini tentu saja order kita saat itu akan ditampilkan secara default dan dicantumkan status singkatnya saat itu.

Tentu saja kita bisa mengecek pesanan tersebut lebih lanjut dengan mengklik Lihat Detail. Anda bisa mengecek alamat pengiriman, barang yang dibeli, status pesanan, dan total pembayarannya.

blibli-detail-pemesanan

Bila ada keterangan tambahan mengenai pengiriman anda akan ditampilkan disini, contohnya saat Blibli menanti kiriman uang dari customer maka ada pesan seperti “Anda memiliki keleluasaan waktu 11 jam 1 menit untuk menyelesaikan pembayaran sebelum pesanan Anda dibatalkan secara otomatis.”.

Berikut adalah status pesanan barang dari Blibli.com selama saya was – was menunggu barangnya:

  • Menunggu pembayaran – Ini adalah status yang menginformasikan bahwa pelanggan masih belum melunasi tagihan ordernya. Juga menandakan bahwa masih belum dikonfirmasi pembayarannya kalau anda sudah melakukannya.
  • Pesanan sedang diproses – Pembayaran anda sudah diterima dan dikonfirmasi Blibli. Sekarang data anda akan diberikan ke bagian packing barang atau diteruskan ke merchant partner untuk dikirimkan.
  • Menunggu pengambilan kurir – Nah… gara – gara status ini saya sempat tertegun sesaat. 🙁 Tampaknya Blibli dan partner tokonya tidak mengirimkan sendiri barangnya ke jasa ekspedisi (JNE, NCS, atau RPX) yang telah dipilih pelanggan saat belanja, melainkan menunggu kurirnya datang menjemputnya. Pantas kok rasanya lebih lama. Sudah masuk 5 hari sejak saya melakukan order.

Kalau anda mengalami masalah terhadap barang atau pelayanan Blibli bisa menghubungi customer servicenya di nomor telepon 0804 1 871 871
atau email [email protected]. Jangan lupa anda bisa bertanya langsung lewat Livechatnya. Terus terang kalau soal customer care saya rasa Blibli masih lebih unggul dibandingkan Lazada.

Semoga bermanfaat. 🙂

107 pemikiran pada “Cara cek status pesanan Blibli”

Tulis komentar...