Cara cek tagihan produk Telkom secara online

Sepertinya internet membuat kita sangat efektif dalam menggunakan waktu (malas), memang dengan kemudahan yang diberikan layanan lewat internet membuat prioritas kegiatan menjadi berubah. Sekarang tagihan rekening telepon, Speedy dan Flexi atau bisa dikatakan hampir semua produk dari Telkom bisa dicek dari satu tempat saja.

Caranya sendiri cukup mudah tapi ada beberapa persyaratan yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum bisa memanfaatkan sepenuhnya fasilitas telkom ini. Mari kita kunjungi website Telkom terlebih dahulu.
telkom

Pada menu pilih My Telkom dan klik pada Informasi Billing.
telkom-my-telkom

Disini anda akan menemukan halaman login, kalau anda belum pernah mendaftar atau memiliki akun di My Telkom silahkan lakukan pendaftaran akun My Telkom terlebih dahulu.

my-telkom-login

Proses pendaftaran akun My Telkom tidaklah sulit, dapat anda lihat tidak banyak yang harus diisikan. Username, email, dan nama lengkap adalah wajib, sedangkan nomor GSM/CDMA tidak wajib diisikan.
my-telkom-registration

Setelah anda selesai membuat akun My Telkom dan berhasil login, silahkan akses Dashboard My Telkom. Geser halaman kebawah dan cari tombol Tambah Produk.

my-telkom-tambah-produk

Isikan informasi mengenai produk Telkom yang ingin diketahui informasi tagihannya. Nomor produk ini bisa berupa nomor telepon atau nomor pelanggan tergantung produk yang ingin anda masukkan.

my-telkom-add-product

Hubungan Dengan Pemilik Nomor akan terdiri beberapa pilihan yang tergantung apa hubungan anda dengan si pemilik produk Telkom tersebut, yang terdiri dari:

  • Pemilik
  • Keluarga
  • Penyewa Rumah
  • Pembeli (Alih Kepemilikan)
  • Lain – lain

my-telkom-hubungan-dengan-pemilik-nomor

Tipe produk adalah jenis layanan Telkom yang ingin anda ketahui informasi tagihannya, yang pilihannya sekarang ada 3:

  • Speedy
  • Pesawat Telepon
  • Flexi

my-telkom-tipe-produk

Bila sudah menyelesaikan pengisian data produk yang ingin diketahui tagihannya, klik Add Product. Selanjutnya pada bagian Portofolio Product (yang ditampilkan secara default pada dashboard My Telkom) akan muncul daftar produk anda yang baru dimasukkan. Klik pada tombol Lihat/Bayar Tagihan untuk melihat rincian tagihan produk Telkom tersebut.

my-telkom-portofolio-produk

Detail dari tagihan produk Telkom (dalam contoh adalah Telkom Speedy) akan muncul, nama dan alamat, bulan tagihan, apakah sudah dibayar belum, dan sebagainya.

my-telkom-rincian-detail-produk

Anda juga bisa melihat tagihan bulan – bulan sebelumnya, tapi ini dimulai sejak anda mendaftarkan produk anda pada My Telkom. Jadi kalau anda baru mendaftarkannya maka fungsinya akan terbatas.

my-telkom-tagihan-bulan-sebelumnya

My Telkom tampaknya akan dijadikan one stop solution dari Telkom untuk menangani produk – produknya, anda bisa melihat tagihan produk Telkom secara online, membuat komplain, mendaftarkan Speedy Hotspot, promosi Telkom, diskon dan berbagai macam layanan lainnya – silahkan anda eksplorasi lebih lanjut.

29 pemikiran pada “Cara cek tagihan produk Telkom secara online”

  1. Bulan lalu sy ditawarkan marketing telkom (via telfon) gratis u see tv selama 1 tahun.. lah ini tiba2 tagihan rekening muncul tagihan u see tv, MARKETING TELKOM PAYAH. memberikan penawaran bodong..

    Balas
    • Wah… pengalaman buruk dari marketing Telkom ya mas. Saya pernah mengalami juga sih, terutama dalam harga promo paketnya.

      Itu billing USEE TVnya muncul dengan harga penuh atau didiskon mas? Berdasarkan tagihan teman saya memang muncul tapi dipotong sehingga nilainya 0 atau gratis selama masa promosi.

    • Halo Pandi, maksudnya sistem pengecekan tagihan Telkom susah digunakan? Kalau ini memang iya, saya juga merasakannya seperti itu. Harus mendaftar dahulu baru bisa dicek. πŸ™

  2. Mas bagaimana jika sudah tambah produk tapi muncul “Nomor ini sudah anda tambahkan, silahkan tambahkan nomor lain.” dan “Nomor tidak aktif atau belum terpasang, beberapa wilayah belum dapat dilayani situs MyTelkom.” bagaimana ya mas solusinya. trima kasih

    Balas
    • Halo Tri, tampaknya wilayah anda belum didukung mbak. Kalau solusi ya tidak ada dari sisi pengguna, berharap saja pengelola websitenya mengupdate datanya.

    • Halo, saya agak – agak lupa detailnya. Tapi seingat saya ini mendaftarnya harus dari koneksi internet dari pelangganya sendiri, nanti akan otomatis dideteksi.

    • Halo Glewo, iya mas. Memang dapatnya alamat IP dinamis kalau pelanggan IndiHome/Speedy. Bila maunya dedicated bayarnya mahal.

  3. β€œNomor tidak aktif atau belum terpasang, beberapa wilayah belum dapat dilayani situs MyTelkom.”

    Kita diwilayah Kelapa Gading

    Balas
  4. * Mau Tanya gan ..apa yang dimaksud dengan “add on” pada pembayaran e-billing telkom

    1. apakah ada aplikasi yang harus dibayar
    2. bilamana ada bisa non aktifkan

    Nuhun

    Balas
    • Halo Purwalintas, ini dari ingatan saya ya mas. Itu kalau mas menggunakan layanan tambahan yang tidak termasuk fitur – fitur tidak standar paketnya. Seperti alamat IP public, iFlix dan sebagainya. Di MyTelkom cuma bisa buat melihat, untuk menonaktifkan ke Plasa Telkom bisanya.

  5. Astinet ngga ada via Online, cuma ada via Virtual Account Bank, klw dipasang diperusahaan bagus tuh astinet, klw masalah administrasinya ribet, apa lagi klw yg ngurus pemasangan awal ngga tau soal AM dan SID nya, dan invoicenya selalu telat dan ngga ada info berkelanjutan klw koneksinya diSuspend oleh Telkom, bagus produknya cuma administrasinya belibet, no online, beda sama indihome, tapi astinet lebih dedicated untuk koneksi,

    Balas

Tulis komentar...