Cara download offline installer Mozilla Firefox

Kalau anda memperhatikan sekarang Mozilla Firefox menawarkan stub installer bukan setup penuh yang bisa diinstall secara offline. Stub installer adalah aplikasi yang mendownload installer program secara penuh, jadi sebenarnya anda mendownload installer dari installer Mozilla Firefox. Tampaknya Mozilla telah mengikuti jejak Google Chrome dengan menawarkan stub installer dengan default di websitenya.

Ini bukan berarti anda tidak mendapatkan setup Mozilla Firefox terbaru secara offline, cuma lokasinya saja yang tidak mudah diakses. Padahal offline installer ini berguna bagi anda yang sedang tidak terhubung koneksi internet atau sedang melakukan setup komputer secara massal. Berikut adalah beberapa lokasi yang bisa anda gunakan untuk mendownload installer penuh Mozilla Firefox baik versi lama atau terbaru.

Mozilla Firefox dalam segala bahasa

Anda bisa mendapatkan Mozilla Firefox versi terbaru dalam bahasa lokal disini, tapi tidak wajib juga kok, installer yang diberikan juga adalah full setup bukan stub.

mozilla-firefox-download-in-your-language

Terdapat 3 sistem operasi yang didukung dan disediakan link downloadnya: Windows, Mac dan Linux. SIlahkan pilih dan unduh sesuai dengan sistem operasi yang anda gunakan.

Download Mozilla Firefox terbaru dari releases

Mozilla Firefox juga merawat dan menawarkan browsernya melalui releases, bila anda membutuhkan Mozilla Firefox versi terbaru maka arahkan saja langsung ke http://releases.mozilla.org/pub/mozilla.org/firefox/releases/latest/

mozilla-firefox-releases-latest

Terdapat berbagai macam pilihan download file installer Mozilla Firefox disini, dari Windows (win32), Linux 32-bit(linux-i686), Linux 64-bit (linux-x86_64), Mac (mac), source code Mozilla Firefox (source) dan sebagainya.

Download semua versi Mozilla Firefox dari FTP

Kalau anda ingin mendownload Mozilla Firefox menggunakan akses FTP maka anda cukup mengarahkan ke alamat berikut ftp://ftp.mozilla.org/pub/mozilla.org/firefox/releases/

mozilla-firefox-ftp-releases

Bedanya disini anda bisa mendownload Mozilla Firefox dari jaman dinosaurus sampai yang terbaru dan versi beta-nya. Struktur direktorinya sama dengan mengakses releases, anda bisa mendownload untuk Windows, Mac dan Linux.

Jadi kelebihan download Firefox melalui FTP adalah selain anda mendapatkan offline installernya juga terdapat versi lama Firefox jika membutuhkannya.

Lainnya

Keputusan Mozilla menawarkan Firefox dalam bentuk stub installer sebagai defaultnya tampaknya selain untuk menghemat bandwidth juga mengoptimalkan server supaya tidak kelebihan beban, jadi stub installer akan mendownload Firefox dari lokasi yang berdekatan dengan anda secara geografis sehingga akan mempercepat proses downloadnya juga.

2 pemikiran pada “Cara download offline installer Mozilla Firefox”

Tulis komentar...