Cara edit file di cPanel

Mengedit isi file – file yang ada dalam website biasanya memang lewat FTP, kita download dan setelah dimodifikasi baru kita upload kembali. Ini prosesnya memang mudah karena seharusnya sudah diotomatiskan oleh software FTP client yang kita gunakan. Tapi kalau kita sedang tidak memegang laptop atau malas mendownload software untuk mengedit file yang ada dalam web hosting maka bisa mencoba cara langsung secara online.

Kita tidak memerlukan Online FTP client, dan walau sebenarnya Windows sudah bisa terkoneksi melalui FTP tapi ini melalui command prompt yang dijamin membuat bingung kalau tidak pernah menggunakannya.

Yang kita butuhkan cuma akses ke akun cPanel dari hosting situs kita, kemudian langsung saja cari bagian Files dan klik File Manager.
cpanel-file-manager-public-html

Pada direktori public_html silahkan navigasikan ke file yang ingin diedit, disini contohnya saya ingin mengubah isi dari file .htaccess agar permalink WordPress dapat berfungsi dengan baik.

Pada toolbar diatas klik saja Edit setelah anda memilih filenya dan akan muncul jendela konfirmasi, klik Edit kembali untuk melanjutkan.
cpanel-file-manager-text-editor

Nah… akhirnya jendela Text Editor milik cPanel akan terbuka dan anda bisa menambahkan atau mengurangi isinya sesuai dengan keperluan anda.
cpanel-text-editor-htaccess
Jika sudah selesai klik saja Save dan seluruh perubahan yang anda lakukan akan tersimpan. Oh ya, tool ini lebih difungsikan untuk mengedit file – file berbasis teks seperti php, conf, htaccess dan sebagainya.

Semoga bermanfaat.

Tulis komentar...