Cara FTP lewat command prompt

Untuk transfer data cepat dari web hosting ke komputer atau malah sebaliknya maka paling lazim menggunakan jalur FTP. Dan biasanya kita akan mendengar nama software seperti FileZilla, WinSCP dan seterusnya. Tapi tahukah ada kita bisa menggunakan FTP langsung dari command prompt Windows? Ada kok caranya dan memang tidak perlu aplikasi lain.

Langkah pertama tentu saja memanggil cmd, kemudian ketikkan perintah ftp disusul alamat yang dituju dan ENTER untuk masuk ke mode File Transfer Protocol. Disini saya mencontohkan dengan masuk ke salah satu website yang menggunakan cPanel. Nanti kita akan diminta memasukkan username dulu baru kemudian passwordnya.
cmd-ftp-cpanel

Apa saja yang bisa kita lakukan? Banyak aslinya, tapi karena keterbatasan tampilan berbasis teks jadi serasa rumit. Setidaknya:

  • Untuk melihat daftar isi file dan direktori anda bisa mengetikkan perintah ls, tunggu sesaat dan akan muncul kemudian.
  • Berganti direktori atau pindah lokasi tinggal ketikkan perintah cd disusul nama direktorinya. Seperti cd public_html.
  • Apabila ingin mendownload file akan memakai perintah get disusul nama filenya, misal get robots.txt.
  • Sebaliknya jika kita ingin upload file akan memanfaatkan perintah send disusul nama filenya, contoh send robots.txt.

Saya anjurkan kalau tidak terpaksa lebih baik gunakan aplikasi saja karena akan mempermudah jangka panjangnya daripada repot – repot lewat command prompt Windows.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...