Cara hard reload pada Google Chrome untuk Android

Ada kalanya tampilan website terbaru sudah dipublikasikan tapi saat diakses dari browser kita masih melihat versi lamanya. Kalau pada versi desktop maka kita bisa memaksa browser melakukan hard reload/refresh halaman tersebut dengan kombinasi tombol CTRL+F5, tapi pada browser Google Chrome di Android tidak ada opsi serupa tentunya.

Setelah saya coba berulang – ulang secara umum kita bisa menginstruksikan Google Chrome untuk mengambil halaman tersebut untuk versi browser di komputer. Tinggal anda tap pada Menu dan kemudian tap lagi pada opsi Minta situs Desktop. Halaman website tersebut akan otomatis direfresh tapi dengan versi komputernya kalau ada. Dan ini biasanya berarti versi tampilan berbeda dengan yang anda buka sebelumnya.

android-chrome-menu

Tapi kalau masih gagal ada satu cara yang lebih sadis, yakni membersihkan semua cache yang tersimpan. Lokasinya ada di Menu > Setelan > Privasi > Hapus data penjelajahan. Efeknya semua cookie, riwayat, data situs dan cache akan dihapus bersih. Dan saya yakin bukan ini yang diinginkan kalau tidak terpaksa.

Nah… setelah mencari tahu lebih jauh ternyata ada satu solusi alternatif yang lebih cocok dan aman dilakukan karena cuma berpengaruh pada website tersebut saja. Pada halaman yang ingin diCTRL F5 pada handphone anda ketikkan javascript:location.reload(true) dan tap Go untuk eksekusinya.

android-chrome-javascript-location-reload-true

Nanti halaman tersebut akan dimuat ulang tanpa data dari cachenya, persis seperti hard reload. Bedanya kita agak sedikit repot karena mengetik sendiri ke address barnya. Kalau anda bingung tinggal lihat pada gambar diatas.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...