Cara kalibrasi warna di Windows

Warna yang ditampilkan di layar pada Windows biasanya tidak ada masalah, secara default Windows akan mengenali monitor dan VGA anda kemudian akan membuat profil warna yang sesuai. Saya yakin sebagian besar pengguna komputer jarang atau malah tidak pernah menyentuh warna di Windows, kecuali kalau anda desainer grafis yang memang harus memperhatikan komposisi warna yang tampil di monitor apakah sama dengan hasil cetaknya.

Nah… kalau menurut anda warna yang ditampilkan di layar tidak benar dan anda sudah memastikan bahwa ini bukan karena monitor atau kartu grafis yang rusak maka ada kemungkinan profil warna di Windows lah yang bermasalah. Warna hijau saat membuka gambar biasanya juga disebabkan hal ini.

Solusinya? Silahkan coba kalibrasi ulang warna di Windows. Caranya diawali dengan memanggil run dialog (Windows+R) dan ketikkan colorcpl.exe kemudian ENTER.
windows-7-run-colorcpl-exe

Jendela Color Management akan muncul, pindahkan tab ke Advanced. Pada bagian bawah akan ada tombol Calibrate Display, silahkan klik saja.
windows-7-color-management-advanced

Nanti anda tinggal mengikuti instruksi seting kalibrasi ulang tampilan Windows yang muncul. Mudah kok cuma tinggal memilih saja dari opsi – opsi yang ada.

Kalau cara ini tidak bisa mengatasi masalah anda dengan warna yang muncul baik pada gambar, video atau apapun yang muncul di monitor silahkan install ulang driver VGA anda. Belum tentu rusak tapi boleh dicoba.

Tulis komentar...