Bagaimana cara komplain ke AkuLaku?

Ternyata cukup banyak yang share keluhan dan pengalaman buruknya dalam berbelanja lewat aplikasi AkuLaku. Terutama di masalah pengiriman barang dimana DP sudah dibayar, tapi hingga beberapa hari hari atau bahkan hitungan minggu belum sampai di tangan. Padahal dari status pesanan sudah dibawa ekspedisi untuk dikirimkan ke pembeli.

Sanggahan dulu, saya banyak belajar soal sistem AkuLaku dari setiap komplain yang dituliskan pengunjung lain soal Raja Kirim. Dan akhirnya menyimpulkan mana yang paling efektif agar bisa mendapatkan respon.

Nah… secara resmi untuk menyampaikan pertanyaan atau keluhan bisa lewat beberapa jalur dibawah:

Tapi kalau dilihat dari curhat sesama customer AkuLaku, bisa cek saja review aplikasinya di Play Store, Facebook, Surat Pembaca dan dimanapun yang membahas AkuLaku tampaknya sulit sekali mendapatkan respon.

Apabila pembayaran DP dan kredit lancar, tapi barangnya yang dipesan belum diterima mungkin anda lebih kecewa lagi, apalagi tidak ada kabar sama sekali.

Terus bagaimana? Dari ratusan komentar yang masuk, ada 2 solusi yang bisa membuat anda berdiskusi dengan pihak customer service AkuLaku:

  1. Pertama, dan yang paling jelas, langsung datangi alamat kantornya.
  2. Kedua. Saya peringatkan dulu, menurut saya tidak etis tapi kadang terpaksa dilakukan karena memang tidak ada alternatif lain.Yakni jangan bayar dulu cicilannya. Kenapa? Nanti akan dihubungi oleh pihak AkuLaku kenapa belum dilunasi tagihannya untuk bulan itu. Dari sini anda bisa ngobrol dengan csnya, setelah itu mungkin bisa sepakat atau mendapatkan solusi

Sekali lagi, khusus cara kedua, saya tidak menganjurkan karena ini sudah kewajiban buyer untuk mengikuti kontraknya agar kreditnya lancar. Tapi dari laporan tampaknya cukup manjur. Tapi tidak menutup kemungkinan bisa jadi lain lagi prosedur aftersalesnya kedepannya, siapa tahu jadi kerjasama dengan debt collector kalau macet. Resiko ditanggung sendiri.

Update, saya dapat laporan dari customer AkuLaku ternyata sudah berubah dari dihubungi cs saat tidak bayar cicilan tapi didatangi debt collector untuk menagih tunggakan kreditnya. Jadi tips kedua diatas sudah tidak direkomendasikan lagi.

Semoga AkuLaku memperbaiki kualitasnya kedepannya karena layanannya sangat membantu untuk membeli barang dalam bentuk cicilan tapi tanpa syarat yang ribet maupun perlu kartu kredit. Kurang bagus rasanya kalau buyer pembayaran lancar tapi barang belum diterima hingga berminggu – minggu, atau bahkan sudah masuk pembayaran cicilan periode berikutnya.

659 pemikiran pada “Bagaimana cara komplain ke AkuLaku?”

  1. saya ingin membayar tagihan saya yang terakhir , tapi nomor hp yang saya daftarkan ke akulaku hilang dan saya lupa nomornya .. saya sudah email untuk menanyakan gimana kelanjutannya .. tapi gak di balas juga . biasanya kalau saya telat bayar sudah di tlp , kenapa sampai sekarang gak ada responnya yah dari akulaku ..
    saya gak mau sampai barang sama diambil yah ..

    Balas
  2. refund saya belum di transfer padahal sudah lebih dari 10 hari. saya amat sangat kecewa dengan pelayanan akulaku. ketika di telp dgn santainya mereka bilang “kenapa baru tanya sekarang ? kemarin kemana aja ? ” laaaahhhh ????

    Balas
  3. saya baru aja kemarin ada kedatangan pihak akulaku menagih bayaran yang tidak pernah saya ambil barang apapun. dan ternyata ktp saya sudah di pakai oleh orang lain. mohon klarifikasinya apakah benar atas nama ira Dwi puspita Sari telah mengambil barang. saya merasa di rugikan mengapa bisa orang lain yang tidak saya kenal bisa memakai. ktp saya.

    Balas
  4. Saya sudah bayar ke indomart tp belum juga ada konfirmasi..
    Trs saya tanyakan ke kontak toko yg brsangkutan katanya ongkir terlalu mahal diluar jangkauan dan suruh saya cencel pesanan..
    Trs saya tanyain masalah uang muka yg sudah saya kirim ehh tidak dijawab.. Hmmm

    Balas
  5. Kenap setiap saya pesan barang selalu di batalkan secara otomatis mulu,,, padahal saya ga pernah membatalkan pesenan saya,,, tolong dong di perbaiki,,, soalnya saya dah DP tp kiriman slalu di batal secara otomatis

    Balas
  6. Kenapa setiap saya memesan barang selalu di batalkan terus secara otomatis,,, padahal saya ga membatalkan pesanan saya,,
    Mau tuh beli pulsa tau ambil barang..
    Tolong di bantu dony,, soal ny DP dah saya bayar,,
    Sampai skr’g uang DP saya blom juga kembali

    Balas
  7. baru saja kemarin ada yg tlp ke kakak sya akulaku menagih bayaran yang tidak pernah saya ambil barang apapun. dan ternyata ktp saya sudah di pakai oleh orang lain. mohon klarifikasinya apakah benar atas nama siska widiastuti, telah mengambil barang. saya merasa di rugikan mengapa bisa orang lain yang tidak saya kenal bisa memakai. ktp saya

    Balas
  8. Kok bisa bocor ya semua no tlpon , saya udah bayar loh di akulaku tp masih tetap dtlponin , sampe nlponin ke semua yg ada dkontak saya , emng bocor gt nomor di kontak kita ? Kok bisa itukan privasi ?? Ada yg ngalamin hal kyk gini gak ?

    Balas
  9. Pesanan tiba” dibatalin sehari setelah pembayaran DP faspay di Alfamart tanpa ada konfirmasi yg jelas tolong dunk rfundnya yg bner..masa mau direfund dipotong 10rb..rugi dunk ..

    Balas
  10. saya barusan memperbarui aplikasi akulaku,saya mau masuk dengan akun saya dan minta kode verifikasi ke nomer HP saya sedangkan nomer saya tersebut Udah tidak aktif lagi atau terblokir. Bagaimana agar saya tetep bisa masuk dengan akun saya yg lama?
    Saya sudah kirim email tapi gak di bales.
    Atas nama siti nuraini nur
    Credit vivo v5s warna hitam
    Nomer yang terdaftar 085231825211
    Saya tidak bisa bayar cicilan kalau tidak masuk akun terlebih dahulu
    Silahkan telpon saya di 085335238009

    Balas
    • Saya jg barusan dpt tlp dr pihak akulaku yg bernama dodi, dy blang saya harus apus aplikasi akulaku yg ad trus nanti dy kirim kode verifikasi, trus saya dsruh instal ulang aplikasi akulaku dngan no/email yg dy brikan dan stelah saya ikuti malah akun aplikasi saya yg sdh trdaftar ga bs kbuka, pdahal saya sdh mau melunasi tagihan saya bulan ini gimana dong tlong dbntu, ap ini jebakan, kalaupun emang ada debtcolector yg dtang krmah saya trus menagih skalian dngan denda saya ga akn bayar dendanya krna saya merasa djebak agar aplikasi saya yg sdh ada ga bs dbuka, dan saya akn bayar pokoknya aja sebesar Rp. 1329000. Ga lebih ga kurang

Tulis komentar...