Cara konversi ZIP menjadi RAR

Format ZIP sebenarnya sudahlah cukup untuk menyimpan dan memperkecil ukuran file secara umum. Keunggulan lainnya adalah file yang dikompres menjadi ZIP sudah standar didukung pada sistem operasi yang populer, dan ini merupakan mayoritas. Minimal bisa membaca apa isinya. Tapi untuk jenis file tertentu kadang bisa lebih dioptimalkan lagi ukurannya dengan dikompres menjadi RAR.

Apabila kita telah memiliki file bertipe ZIP dan ingin mengubahnya menjadi RAR maka tidak perlu repot – repot mengekstrak dulu isinya baru dikompres ulang dengan algoritma kompresi yang diinginkan. Kenapa? Ini karena dalam WinRAR sudah ada fitur konversi format file arsip/kompresi cuma jarang diketahui orang saja. 🙂

winrar-tools-menu

Langkah – langkahnya sederhana kok, pertama buka saja file ZIPnya dengan WinRAR dan pada menu Tools pilih Convert archives. Atau singkatnya tekan saja tombol ALT+Q.

Kemudian klik Compression dan pilihlah RAR atau RAR5 (ini yang terbaru dan lebih optimal tapi belum tentu kompatibel dengan program lama), agar maksimal kompresinya bisa ditentukan agar Best yang digunakan. Solid Archive juga bisa dicentang.

winrar-convert-archives

Begitu sudah yakin maka kembali ke jendela aplikasi sebelumnya dan klik OK.

winrar-converting-zip-to-rar

Tunggu saja prosesnya sampai selesai, lama waktu yang dibutuhkan tergantung besar file dan banyaknya. Nanti akan diperlihatkan juga berapa ukuran file asal dan file barunya, dan memang disini terbukti RAR mampu menghasilkan file yang lebih kecil.

Tulis komentar...