Cara masuk Safe Mode Android

Mudahnya menginstall aplikasi di Android kadang bisa menjadi pedang bermata dua, kadang salah satunya bisa menyebabkan handphone error sehingga tidak bisa berfungsi normal. Masalahnya kita tidak bisa menghapus app tersebut kalau Androidnya sedang bermasalah. Solusinya kita harus menggunakan Android yang hanya memuat sistem dan aplikasi asli tanpa tambahan lainnya, ya mirip dengan safe mode milik Windows.

Bagaimana cara menggunakan safe mode di Android? Setahu saya ada 2 cara dan memang tergantung versi Android anda dan juga siapa pembuatnya. Jadi silahkan coba saja satu per satu.

Pertama adalah dengan menekan tombol Power, seperti biasa akan muncul opsi Power off, Reboot, Airplane mode dan berbagai profil audio. Nah.. silahkan tap pada Power off dan tahan beberapa lama, semestinya akan muncul pesan mengenai safe mode.
android-power-off

Bila cara diatas tidak berhasil maka coba cara alternatifnya, silahkan reboot dan saat ponsel anda hidup tekan tombol volume up dan volume down secara bersamaan. Bila berhasil maka nanti saat masuk ke sistem operasi Android akan muncul tulisan kecil di bagian bawah menandakan sekarang dalam safe mode. Untuk beberapa handphone atau tablet Samsung kadang cuma bisa metode ini.

Disini saya mencobanya dengan Lenovo A369i dengan Android 4.2.2 Jelly Bean.

Dalam mode keamanan ini kita tidak bisa menginstall app, hanya bisa mengatur dan menghapus aplikasi. Jadi manfaatkan kesempatan ini membersihkan aplikasi pembawa masalah tadi. Atau bila sudah parah bisa langsung melakukan factory reset.

Semoga bermanfaat. 🙂

2 pemikiran pada “Cara masuk Safe Mode Android”

Tulis komentar...