Cara melewati Certificate Error: Navigation Blocked di Internet Explorer

Jika pada saat anda menggunakan browser Internet Explorer mengunjungi suatu website dan kemudian disambut pesan Certificate Error: Navigation Blocked ini menandakan bahwa adanya SSL error. Cara memperbaikinya bisa dari komputer anda dan solusi sisanya ada di tangan si pemilik website.
ie11-certificate-error-navigation-blocked

Saran saya langsung saja pilih “Click here to close this webpage”, karena pesan peringatan ini umumnya terjadi karena ada yang membuat website palsu dengan meniru situs populer demi mendapatkan data diri anda. Anda bisa klik pada “More information” untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai error yang anda alami ini.

ie11-certificate-error-navigation-blocked-more-information

Kesalahan SSL yang terjadi di Internet Explorer ada beberapa macam dan semuanya diawali dengan pesan “There is a problem with this website’s security certificate”, yaitu:

  • The security certificate presented by this website was issued for a different website’s address. – Ini menandakan bahwa sertifikat SSL yang digunakan bukan untuk website yang anda kunjungi. Ini bisa berarti bahwa ada kesalahan dari pihak pemilik situs atau ada yang berusaha menipu anda dengan situs palsu.
  • The security certificate presented by this website was not issued by a trusted certificate authority. – Peringatan ini berarti sertifikat SSL yang digunakan tidak dikeluarkan oleh pihak yang dipercaya, antara dibuat sendiri atau menggunakan layanan yang reputasinya kurang seperti CACert.
  • The security certificate presented by this website has expired or is not yet valid. – Sertifikat SSL yang digunakan telah habis masa berlakunya atau belum bisa digunakan. Mungkin kesalahan dari pihak pemilik website atau kesalahan waktu dari komputer anda sendiri, silahkan cek jam komputer anda apakah sudah benar.

Dan diakhiri dengan “Security certificate problems may indicate an attempt to fool you or intercept any data you send to the server.”

Bagaimana cara mengatasi atau solusinya SSL error di Internet Explorer ini? Sayang sekali kecuali masalah yang nomor 3 yaitu sertifikat yang sudah kadaluarsa maka tidak ada yang bisa anda coba. Tapi bukan berarti website tersebut tidak bisa diakses, anda bisa melewati pesan error SSL ini dengan klik pada “Continue to this website (not recommended)”.

Maka halaman website yang sebelumnya diblokir karena kesalahan sertifikat keamanan SSL akan dilewati dan bisa dibuka, tapi kadang ada beberapa fungsi atau tampilan situs yang rusak. Hal yang sama akan terjadi walau menggunakan Google Chrome atau Mozilla Firefox.

Tulis komentar...