Cara melihat proses aplikasi yang sedang berjalan di Android

Ponsel Android anda terasa lemot sehingga tidak bisa digunakan dengan normal? Ada kemungkinan terlalu banyak aplikasi dan service yang sedang aktif di background sehingga memberatkan kerja prosesor dan manghabiskan kapasitas RAM. Untuk memastikannya dan mengoptimalkan kinerja Android ada baiknya kita mengecek proses apa saja yang sedang berjalan.

Jadi kalau diibaratkan di Windows kita akan menggunakan task manager untuk melacak aplikasi atau game apa yang menjadi pelakunya. Nah… untuk mengaksesnya silahkan buka Settings (Pengaturan) dan cari bagian Apps.
android-settings-device

Pindahkan tab yang aktif dari Downloaded menuju Running atau lengkapnya Show Running Servicess. Disini anda bisa melihat seluruh proses dari aplikasi atau service yang sedang aktif dijalankan dalam Android. Anda juga bisa menemukan jumlah RAM terpakai dan yang bebas dibawahnya.
android-apps-running-services
Untuk mengetahui detail prosesnya atau mematikannya silahkan tap pada nama prosesnya.

Anda juga akan menemukan Show Cached Processes, kalau diperhatikan isinya tidaklah jauh berbeda. Jadi apakah itu Cached (Background) Processed? Ini adalah proses yang tidak sedang aktif tapi standby dalam memori menanti anda membuka aplikasinya. Jadi misal anda membuka video player dan kemudian langsung kembali ke Home maka app tadi akan disimpan dalam cache.
android-apps-cached-processes

Cukup mudah bukan mengatur dan memahami proses yang berlangsung dalam handphone atau tablet Android anda? 🙂

Saya menuliskan panduan ini berdasarkan Lenovo A369i dengan Android 4.2.2 Jelly Bean, bila ada perbedaan versi biasanya masih mirip langkah – langkahnya.

Tulis komentar...