LOADING

Type to search

Windows

Cara memanggil Command Prompt

Command Prompt adalah salah satu tool penting dalam memperbaiki komputer. Banyak sekali langkah – langkah tutorial yang membutuhkan command prompt untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi di Windows. Karena itu sudah sebaiknya kita mengetahui bagaimana cara memanggilnya yang paling cepat dan mudah.

Karena Windows sendiri sudah mengeluarkan berbagai macam edisi dan versi maka tampilannya bisa memiliki perbedaan masing – masing. Pada umumnya anda bisa mengakses program ini melalui Start Menu > Accessories > Command Prompt.

windows-7-start-accessories-command-prompt

Menurut saya ini masih terlalu lama, saya cuma menghapal satu metode saja, yaitu dengan menjalankan run command terlebih dahulu atau menekan tombol Windows+R. Kemudian ketikkan perintah cmd dan tekan ENTER.
windows-7-run-cmd

Jendela command prompt akan terbuka dan menanti input perintah anda.
windows-7-command-prompt

Dengan memakai metode ini maka command prompt pasti akan muncul. Jadi walaupun anda di Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 dan versi terbarunya akan tetap bisa dilakukan. Kecuali kalau sudah dimatikan fungsinya, ini mungkin kebijakan kantor atau kena virus.

Tergantung setting Windows anda dan jenis perintah yang anda isikan maka bisa jadi membutuhkan hak administrator, kalau melalui run tidak otomatis menggunakan ijin administrator Windows maka anda perlu menjalankannya melalui shortcut di Start Menu kemudian klik kanan dan pilih Run as administrator.

Tulis komentar...