Cara memasang password pada Excel

Dari pembahasan saya mengenai proteksi lembar kerja Excel ada salah satu pengunjung yang menanyakan melalui email bagaimana caranya kalau isi dokumennya jangan sampai bisa dilihat. Jadi maksudnya adalah saat file Excel (*.xls, *.xslx) dibuka akan muncul jendela permintaan password. Ya, ini memang bisa dilakukan dengan mudah.

Langsung saja buka file excel yang ingin dipassword. Disini saya menggunakan Microsoft Excel 2007. Setelah itu buka Orb Menu di kiri atas dan pilih Prepare, akan ada opsi Encrypt Document.
microsoft-excel-2007-menu-prepare

Isikan apa password yang anda inginkan untuk melindungi file excel tersebut, ini akan ditanyakan sebanyak 2 kali sebagai konfirmasi.

microsoft-excel-2007-encrypt-document

Saya anjurkan sebelum anda mengenkripsi dokumen excel agar dibuat dulu backupnya dan disimpan ditempat lain. Jaga – jaga kalau anda lupa apa passwordnya, nanti filenya menjadi tidak berguna dan anda akan kerepotan dalam memulihkan datanya.

Jika sudah maka langsung saja simpan dan tutup Microsoft Excel. Silahkan diujicoba dengan membuka lagi filenya, maka akan muncul jendela yang meminta password yang akan mencegah akses langsung tanpa ijin.
microsoft-excel-2007-is-protected

Sekarang bila ada orang yang tidak tahu apa passwordnya tidak akan bisa melihat apa isi file excel tersebut, jadi data anda akan lebih aman.

Tulis komentar...