Cara memasang password pada Google Form

Google Form cukup sering saya temui digunakan dalam proses pengisian survei online, hal ini saya amati terutama dari teman – teman saya yang bekerja dalam bidang pendidikan dalam pengumpulan data. Karena link surveynya disebarkan secara online dan jelas bisa diakses umum supaya bisa diisi kadang menjadi pedang bermata dua. Keluhan teman saya biasanya ada orang yang iseng yang mengisikan jawaban kuestionernya secara ngawur, ini membuatnya harus bekerja dua kali untuk memisahkan mana yang valid dan tidak. Ini masih dalam jumlah ratusan peserta, bayangkan kalau ribuan.

Karena itulah saya usulkan untuk diberi password saja supaya orang yang iseng tidak semudah itu ikut serta dalam surveynya. Ternyata banyak yang masih belum tahu bagaimana cara memasang password pada Google Form. Bila anda sedang mencari solusi untuk melindungi link formulir online anda maka silahkan ikuti panduan berikut.

Silahkan buka Form yang ingin anda proteksi dengan password dan edit. Buatlah Question Type baru berjenis Text, beri judul Password. Klik Advanced Settings dan beri centang Data Validation.
google-form-edit-password

Pilih Regular Expression, dan misal passwordnya adalah “utekno” maka isikan pada kotak Pattern teksi tersebut diantara karakter “^” dan “$”, jadi hasilnya akan seperti berikut “^utekno$”. Sedangkan pada Custom error text isikan dengan pesan kesalahan kalau salah mengisikan apa passwordnya.

Setelah itu silahkan tambahkan halaman form baru dengan memilih Page Break dari menu Insert. Nah… disinilah baru anda membuat form yang sesungguhnya. Selama si pengunjung tidak tahu passwordnya maka tidak akan bisa melewati halaman pertama tadi.

Cara ini memang lebih tepat disebut trik karena Google Form sesungguhny masih belum mendukung fitur password, tapi untuk tujuan menghalangi orang yang akan merusak surveynya ini sudahlah cukup aman.

Satu pemikiran pada “Cara memasang password pada Google Form”

Tulis komentar...