Cara memasang password pada website melalui cPanel

Ada kalanya kita membuat website atau layanan tertentu tidak untuk diakses umum, cuma ingin diakses sendiri atau oleh kalangan tertentu yang memiliki rahasianya. Memang dengan menggunakan CMS seperti WordPress ini bisa dilakukan dengan membuat semua kontennya tersedia saat pengunjungnya login. Tapi bagaimana misalnya kalau isinya hanyalah file – file saja?

Selama anda menggunakan shared hosting dengan cPanel maka bisa dengan mudah melindungi website atau direktori tertentu yang online menggunakan usernama dan password. Langsung saja anda akses akun cPanel website anda dan geser ke bagian Security, dan klik Password Protect Directories.
cpanel-security
Akan muncul daftar direktori dari hosting situs anda, klik icon folder untuk membukanya atau pada namanya untuk langsung memasangkan password.
cpanel-password-protect-directories
Setelah anda memilih folder mana yang ingin diproteksi maka tinggal beri centang pada “Password protect this directory” dan beri nama untuknya, kemudian klik Save.
cpanel-set-the-permissions-for-directory
Setelah itu buatlah user dan passwordnya untuk bisa mengakses direktori tadi. Bila sudah segera tambahkan user baru tersebut dengan mengklik tombol Add Or Modify The Authorized User.

Bila semua prosesnya sudah dilaksanakan maka anda bisa mencoba mengakses direktori tersebut dan akan muncul jendela popup yang menanyakan username dan password.

Mudah bukan? 🙂

Tulis komentar...