Cara mematikan DHCP di Android

Mendapatkan alamat IP otomatis melalui DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) saat terhubung ke suatu jaringan WiFi memang memudahkan setting handphone Android kita. Kita cukup bergabung ke hotspot dan langsung bisa menggunakan akses internet. Tapi dibaik kemudahan ini kadang bisa menyebabkan konflik kalau kebetulan ada IP address sama yang digunakan dan membuat ponsel kita tidak bisa online.

Pada dasarnya DHCP akan memberikan informasi mengenai apa alamat IP yang digunakan, berapa subnet masknya, IP address untuk internet gateway dan alamat IP untuk DNS server. Nah… dengan mematikan DHCP ini anda bisa mensetting semua hal diatas secara manual kalau membutuhkannya.

Bagaimana cara menonaktifkan DHCP di Android? Silahkan anda membuka Settings (Pengaturan) kemudian pada bagian Wireless & Networks tap pada WLAN.
android-settings

Daftar SSID WiFi yang berhasil dideteksi oleh perangkat Android anda akan muncul, silahkan tap dan tahan pada nama WiFi yang sedang terhubung kemudian tap lagi pada Modify network.
android-wlan-settings-forget-modify-network

Silahkan geser kebawah dan beri centang pada Show advanced options, anda akan menemukan IP settings ubah opsinya dari DHCP menjadi Static.
android-wlan-advanced-options
Kalau sudah maka anda sekarang bisa mensetting IP address, Subnet, Gateway dan DNS server di Android untuk koneksi WLAN tersebut tepat dibawahnya.

Saya mendasarkan panduan ini menggunakan Lenovo A369i dengan Android 4.2.2 Jelly Bean, bila versi anda berbeda kemungkinan tidak ada perbedaan berarti.

Tulis komentar...