Cara mematikan link Games dari Start Menu di Windows 7

Folder Games dan isinya sejak Windows Vista dan di Windows terbaru memiliki fungsi meletakkan link shortcut ke program game yang diinstall. Anehnya kadang isinya tidak bisa dihapus atau kalaupun berhasil dihapus akan muncul kembali iconnya, agak pusing juga memikirkan apa penyebabnya.

Salah satu contoh kasus kenapa kita perlu menghilangkan game seperti di lingkungan komputer kantor, disini biasanya tidak diperbolehkan adanya game, selain bisa menurunkan tingkat produktivitas yang lebih penting pegawainya digaji untuk bekerja bukan bermain. Karena itulah biasanya tanpa ada restu dari system administrator link games di start menu Windows 7 dihapus.
windows-7-start-menu-games

Sebenarnya kita tidaklah perlu menghapus folder games ini dari start menu, link ini bisa dimatikan melalui salah satu kebijakan di Group Policy Object (GPO). Jalankan run dialog, isikan dengan gpedit.msc dan tekan ENTER.

windows-run-command-gpedit-msc

Jendela Local Group Policy Editor akan terbuka, arahkan menuju User Configuration > Administrative Templates > Start Menu and Taskbar, kemudian double-click pada Remove Games link from Start Menu.
gpedit-user-configuration-start-menu-taskbar
Ubah opsinya dari Not Configured atau Disabled menjadi Enabled, kemudian klik OK untuk menyimpan konfigurasi barunya.

gpedit-remove-games-link-from-start-menu
Dengan mematikan Games di Start Menu bukan berarti pengguna komputer tidak bisa memainkan game atau menginstallnya, jadi anda perlu melakukan cara lain untuk mencegahnya.

Tulis komentar...