Cara mematikan OperaMax dari Meizu m2 note

Saya dapat kejutan saat selesai mengupgrade handphone Meizu m2 note saya ke versi 5.1.11.0 G. Tiba – tiba muncul notifikasi ada aplikasi OperaMax yang terinstall dan berjalan. Cukup bagus sebenarnya, kita diberikan fitur VPN dan penghematan data saat internetan. Tapi jadi tabrakan dengan VPN lainnya yang sudah biasa saya gunakan di Android. Dan aplikasi ini tidak bisa dihapus ataupun disetel dari pengaturan aplikasi. 🙁

Setelah cari inspirasi dan wangsit di internet, sempat terpikir pakai root dan menghapus aplikasi sistem ini. Ternyata ada solusinya yang tidak butuh root ataupun menghapusnya, kita bisa mematikannya kok. Cuma lokasinya agak tersembunyi saja.

meizu-m2-note-data-saver

Jadi fitur ini bisa dinonaktifkan lewat lokasi ini: Keamanan > Data > Penyimpan Data . Memang tidak ada namanya OperaMax tapi karena sudah terintegrasi ya dianggap fitur bawaan (Data Saver). Tinggal pilih Nonaktifkan saja. Selesai sudah urusannya. 😀 OperaMax akan lenyap dari notifikasi dan sudah mati prosesnya.

Tapi kalau anda ingin menghapusnya maka bisa secara manual lewat aplikasi System App Remover (Cabut pemasangan nama Indonesianya) dari Google Play Store, dan ini wajib ada akses root. Jadi jangan lupa diaktifkan dulu.

Setidaknya saya ada sedikit penyesalan waktu selesai upgrade, diberi bonus Play Store dan Maps lenyap. Tapi secara keseluruh lebih ringan dibandingkan sebelumnya dan warna notification bar yang beradaptasi dengan aplikasi yang dibuka tidak terlalu gelap lagi.

Leave a Reply