Cara mematikan penggunaan data semua aplikasi Android

Ternyata untuk menghemat kuota data seluler kita di Android selain bisa disetting setiap aplikasi juga dapat diterapkan untuk semua aplikasi tanpa pandang bulu. Kalau kita memang tidak ingin ada app yang aktif koneksi internetnya di latar belakang (background) sebaiknya dibatasi, efek negatifnya kalau anda menggunakan apps berjenis messenger atau social media maka selama tidak anda jalankan sendiri maka tidak ada update yang masuk. Jadi ketinggalan berita anda nantinya.

Bagaimana caranya? Langsung saja buka buka Pengaturan (Settings) ponsel Android anda dan geser pada bagian Nirkabel & Jaringan (Wireless & Network) akan ada opsi Penggunaan data (Data usage), tap untuk mengaksesnya. Saya membuat panduan ini berdasarkan Lenovo A369i? dengan Android 4.2.2 Jelly Bean. Jika milik anda versinya berbeda silahkan adaptasikan metodenya.

Akan muncul grafik konsumsi kuota data di handphone anda selama ini (defaultnya 30 hari), disini bisa juga sekalian mensetting peringatan dan pemutusan koneksi internet secara otomatis.
android-data-usage-menu
Tap pada menu dan akan muncul beberapa opsi, yang kita butuhkan adalah Batasi data latar belakang (Restrict Background Data). Aktifkan dan seluruh app Android yang aktif di background (tidak sedang anda gunakan) akan diputus koneksi internetnya.

Jika anda tidak ingin terjadi kebocoran data seluler anda maka membatasi akses online aplikasi di handphone bisa membantu anda. Apalagi harga paket data seluler di Indonesia masih mahal, lebih hemat mencari akses WiFi gratis di cafe atau tempat umum lain.

Tulis komentar...