Cara mematikan proses di Task Manager

Di Windows sebenarnya banyak proses yang berjalan, ini bisa dari program yang sedang anda gunakan atau dari aplikasi yang berjalan di latar belakang (background). Proses – proses ini kadang tidak memiliki cara yang jelas untuk mematikannya, tapi bukan berarti tidak bisa cuma kita harus memanfaatkan Task Manager.

Ya, Task Manager adalah program bawaan Windows untuk memantau proses – proses aktif yang ada dalam sistem operasi dan pemantauan penggunaan resource komputer. Dari sini kita bisa melihat program dan service yang sedang berjalan. Kalau anda ingin membunuh suatu proses, entah karena error, hang, freeze atau ternyata itu adalah virus maka bisa mengikuti cara cepat dan mudah berikut.

windows-task-manager-end-process

Tinggal anda panggil Task Manager (Paling cepat dengan menekan tombol CTRL+SHIFT+ESC) kemudian buka tab Process, cari nama proses yang anda ingin dimatikan, kemudian klik kanan dan pilih End Process untuk mematikannya. Mudah bukan?

Anda juga bisa menggunakan command prompt semisal Windows Explorer bermasalah untuk melakukan hal yang sama, biasanya saya gunakan dalam Safe Mode kalau ini dan menggunakan Batch Program.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...