Cara mematikan Recent Items di Windows 7

Recent Items adalah pedang bermata dua, di lain pihak fungsinya adalah untuk membantu anda lebih cepat mengakses file atau program yang baru atau sering digunakan, di sisi lain kalau ada orang lain yang meminjam komputer anda maka akan ketahuan kebiasaan pemakaiannya. Ini kalau tidak ada data penting atau rahasia maka tidak masalah, bagaimana kalau ada?

Membersihkan isi Recent Items bukanlah solusi terbaik karena hanya bersifat sementara, kalau anda ingin mengamankan privasi komputer lebih lanjut maka matikan Recent Items secara permanen saja.

windows-7-recent-items-empty

Caranya menyembunyikan Recent Items mudah kok, silahkan langsung saja klik kanan pada taskbar Windows dan pilih Properties.
windows-7-task-bar-properties
Pada Taskbar dan Start Menu Properties pindahkan tab ke Start Menu, dan kemudian klik Customize.
windows-7-start-menu-properties

Cari Recent Items dan hilangkan centang untuk menonaktifkannya, kemudian klik OK. Anda akan kembali ke jendela sebelumnya, klik OK juga disini.

windows-7-customize-start-menu

Sekarang anda bisa melihat bahwa tidak ada Recent Items lagi di Start Menu Windows 7 dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan lagi kalau – kalau ada yang tidak sengaja mengetahui file apa yang baru dibuka di komputer. Untuk memunculkannya kembali tinggal balik saja prosesnya.

Tulis komentar...