Cara mematikan suara startup Windows

Pada saat anda menyalakan komputer dan berhasil masuk ke dalam Windows maka pasti disambut oleh suara musik khasnya, kalau komputer ini anda gunakan sendiri mungkin tidak masalah tapi kalau dalam lingkungan laboratorium kampus atau kantor yang jumlahnya banyak dalam satu ruangan bisa membuat tidak nyaman mendengarkannya. Mematikan speaker kadang tidak bisa menjadi solusi apalagi kalau komputer – komputer tersebut digunakan untuk multimedia.

Karena itu lebih baik dimatikan saja secara permanen supaya tidak ada suara yang muncul saat startup Windows. Bagaimana caranya menonaktifkan suara startup Windows? Sangatlah mudah metodenya, panggil run dialog (tombol Windows+R) dengan hak administrator kemudian ketikkan perintah gpedit.msc disusul ENTER.

windows-run-command-gpedit-msc

Jendela Local Group Policy Editor akan terbuka, buka lokasi Computer Configuration > Administrative Templates > System > Logon. Pada Turn off Windows Startup Sound lakukan double-click.
gpedit-computer-configuration-logon

Jendela setting Windows Startup Sound akan muncul, ubah konfigurasinya menjadi Enabled kemudian klik OK untuk menyimpannya. Cara ini hanya mendukung minimal Windows Vista dan versi setelahnya, jadi kalau anda masih menggunakan Windows XP anda terpaksa melakukannya secara manual.
gpedit-turn-off-windows-startup-sound

Selesai! Tidak sulit bukan? Sekarang tidak akan ada suara atau musik lagi yang dimainkan saat masuk ke Windows. Kelebihan metode ini adalah setting yang diterapkan akan berpengaruh pada seluruh user account yang ada dalam komputer tersebut, jadi tidak perlu mensetting satu per satu.

Tulis komentar...