Cara mematikan USB di Windows

Umumnya di komputer milik kantor akan ada larangan memindahkan data melalui USB Flashdisk. Ini disebabkan karena sangat mudah menyimpan data dan ada resiko data rahasia atau internal perusahaan bocor keluar, dan memang pernah terjadi. Untuk mencegahnya ada yang menggunakan software atau menutup slot USB dengan lem. Tapi di Windows sebenarnya kita bisa mematikannya dan bisa digunakan sebagai langkah awal.

Yang kita manfaatkan adalah Device Manager yang berisi data seluruh perangkat keras yang terpasang pada komputer anda. Kita bisa memanggilnya melalui run command (tekan tombol Windows+R) dan mengetikkan perintah devmgmt.msc.
windows-7-run-devmgmt-msc

Pada jendela Device Manager geser ke bagian paling bawah dan anda akan menemukan Universal Serial Bus controllers. Nah… kalau tidak mau ambil pusing maka semuanya bisa dimatikan dengan klik kanan dan pilih Disable.
device-manager-disable-usb

Tapi kalau anda menggunakan mouse, keyboard, webcam atau perangkat lain yang memakai port USB sebaiknya dinonaktifkan satu per satu daripada semuanya nanti tidak berfungsi. Terutama untuk laptop karena sering perangkat – perangkatnya sudah terintegrasi tapi menggunakan USB sebagai media komunikasi datanya.

Tulis komentar...